Share

Asrama Haji Bekasi Disiapkan Jadi Lokasi Karantina Kepulangan Jamaah Umrah

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 614 2534481 asrama-haji-bekasi-disiapkan-jadi-lokasi-karantina-kepulangan-jamaah-umrah-w0KJYSPNiE.jpeg Ilustrasi jamaah umrah Indonesia. (Foto: Kemenag)

ASRAMA Haji Bekasi kini sedang disiapkan menjadi lokasi karantina kepulangan jamaah umrah. Peninjauan pun dilakukan langsung oleh pihak Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama.

"Meninjau Kesiapan Asrama Haji Bekasi sebagai altetnatif tempat karantina kepulangan jamaah umrah," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab saat meninjau Asrama Haji Bekasi, Selasa 18 Januari 2022, dikutip dari haji.kemenag.go.id.

Baca juga: Pemberangkatan Jamaah Umrah Tidak Jadi Dihentikan, Menag: Tetap Skema Satu Pintu 

Dirjen PHU, kata dia, telah memintanya agar para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bisa memanfaatkan asrama haji. PPIU saat ini masih menggunakan fasilitas hotel sebagai tempat karantina kepulangan jamaah umrah.

Ke depannya Kemenag akan memberlakukan dua pintu keberangkatan dan kepulangan jamaah umrah, yakni Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sebagai pintu keberangkatan jamaah umrah dan Asrama Haji Bekasi sebagai karantina kepulangan jamaah umrah.

Baca juga: Tarjih Muhammadiyah Haramkan Uang Kripto sebagai Alat Tukar dan Investasi 

"Nanti akan digunakan dua pintu, Asrama Haji Pondok Gede sebagai pemberangkatan dan Asrama Haji Bekasi sebagai karantina kepulangan," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Oleh karena itu, pihaknya ingin Asrama Haji Bekasi segera berbenah diri, menata protokol kesehatan, mulai dari pintu masuk sampai fasilitas saat jamaah umrah berada di kamar.

Baca juga: Biografi Imam Asy-Syafi'i: Pendiri Mazhab Syafi'i yang Gigih Membela Sunah dan Hadis Nabi 

Baca juga: Sejarah Makkah Jadi Kota Paling Suci di Dunia, 2 Hal Ini yang Mendasarinya 

"Tadi telah kita lihat kondisi, saya minta betul Ashaj Bekasi untuk menata dari prokes mulai dari pintu masuk dan kamarnya, pencahayaan, sirkulasi pengudaran serta kebersihannya yang baik nanti akan dilihat Satgas Covid-19," pintanya.

Ia juga meminta jajaran Asrama Haji Bekasi untuk memberikan fasilitas yang terbaik dan senyaman mungkin. "Sediakan juga dokter jaga 24 jam yang selalu standby untuk memantau terus kesehatan jamaah umrah," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini