Share

8 Nama Surga yang Tertulis di Alquran, Nomor 2 Penghuninya Dapat Keselamatan dan Tidak Akan Sakit

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 330 2538189 8-nama-surga-yang-tertulis-di-alquran-nomor-2-penghuninya-dapat-keselamatan-dan-tidak-akan-sakit-Hk7bmR6Qub.jpg Ilustrasi nama-nama surga yang tertulis di Alquran. (Foto: Freepik)

SURGA milik Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan impian setiap Muslim. Guna mencapainya, kaum Muslimin wajib melakukan berbagai amal salih untuk memperberat timbangan pahala.

Di dalam surga atau jannah, menjadi tempat terkumpulnya seluruh jenis kenikmatan, kelezatan, keindahan, kesenangan. Ini adalah balasan surga yang telah dijanjikan Allah Subhanahu wa ta'ala bagi hamba yang beriman dan senantiasa bertakwa kepada-Nya.

"Itu arti jannah yang sering kita dengar, yang mencakup seluruh jenis kenikmatan," kata Ustadz Ahmad Zainuddin, seperti dikutip dari kanal YouTube Jakarta Mengaji, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Ada Maling Kabur ke Barat, Abu Nawas Kok Malah Cegatnya di Timur? 

Di surga banyak kebun dengan pohon berbuah. Di dalamnya tidak ada lalat satu ekor pun, dan berarti sangat bersih. Bahkan para penghuninya bisa merasakan kenikmatan yang luar biasa, serta dapat melakukan hal-hal yang jauh lebih indah selama ada di dunia.

Kemudian dalam salah satu riwayat hadis, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan gambaran surga sebagai berikut:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – « يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَعْدَدْتُ لِعِبَادِى الصَّالِحِينَ مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ ، وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ ، ذُخْرًا ، بَلْهَ مَا أُطْلِعْتُمْ عَلَيْهِ » . ثُمَّ قَرَأَ فَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِىَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ )

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam, ia berkata, 'Allah Ta'ala berfirman: Aku sediakan bagi hamba-Ku yang salih berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia. Kalau kalian mau, bacalah, Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan." (QS As-Sajadah: 17)

Nama-nama surga juga abadi dan jelaskan di dalam Alquran sebagai tanda dan kebesaran Allah Subhanahu wa ta'ala. Berikut ini delapan nama surga tertulis di dalam ayat-ayat suci Alquran, di antaranya:

1. Firdaus

Surga Firdaus merupakan tingkatan tertinggi. Surga ini diabadikan tertulis dalam Alquran sebagaimana firman-Nya:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

"Sesungguhnya, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal." (QS Al Kahfi: 107)

Adapun amalan untuk masuk ke surga ini sebagaimana firman-Nya:

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yakni) yang akan mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (QS Al Mu'minun: 1–11)

Seluruh umat Islam berharap di hari akhir nanti dapat lolos dari api neraka dan masuk ke surga Allah yaitu salah satunya adalah Surga Firdaus. Tempat ini merupakan bagian yang ternikmat dan terindah. Atas izin Allah Ta'ala, orang-orang beriman dan salih akan masuk ke sana.

Baca juga: Kisah Bule Cantik Bersama Anak-anaknya Masuk Islam, Langsung Mantap Kenakan Hijab 

2. Darussalam

Dijelaskan dalam Alquran Surat Al An'am Ayat 127, yakni tentyang Surga Darussalam:

لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

"Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal salih yang selalu mereka kerjakan."

Dalam Surat Al Yunus Ayat 25 juga disebutkan:

وَٱللَّهُ يَدْعُوٓا۟ إِلَىٰ دَارِ ٱلسَّلَٰمِ وَيَهْدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

"Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam)."

Dalam Surga Darussalam ini ada kampung keselamatan, penuh dengan keselamatan. Di dalam surga pun tidak akan pernah kekurangan atas apa pun.

"Maka surga penuh dengan keselamatan, tidak ada penyakit. Panuan enggak ada di surga, korengan enggak ada," kata Ustadz Ahmad Zainuddin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Darul Khuld

Ketiga ada Darul Khuld nama surga yang tertulis di dalam Alquran, artinya kampung kekekalan. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Qaf Ayat 34:

ٱدْخُلُوهَا بِسَلَٰمٍ ۖ ذَٰلِكَ يَوْمُ ٱلْخُلُودِ

"Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan. Di mana pemberian di dalam surga tidak pernah habis, tidak akan ada musim di surga. Maka akan terus diberi, tidak pernah terputus, tidak pernah terlarang."

Baca juga: Viral Santri-Santri Kompak Gagalkan Aksi 2 Pencuri Motor, Netizen: Salut Banget Sama Kalian 

4. Darul Muqamah

Dijelaskan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin bahwa siapa pun yang tinggal di Surga Darul Muqamah tidak pernah capek atau letih. Dalam Surat Fatir Ayat 35 tertulis:

ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

"Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu."

5. Jannatul Maqwa

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat An-Najm Ayat 15:

عِندَهَا جَنَّةُ ٱلْمَأْوَىٰٓ

"Di dekatnya ada surga tempat tinggal (Surga Al Ma’wa)."

Baca juga: Rasulullah Senang Kepalanya Basah Kena Air Hujan, Ustadz dr Zaidul Akbar Ungkap Manfaatnya untuk Kesehatan 

6. Adn

Dalam Surat Luqman Ayat 8 dijelaskan tentang Surga Adn:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلنَّعِيمِ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal salih, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan."

7. Ma'wa

Surga Ma'wa diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dari zamrud hijau. Calon penghuninya adalah orang-orang yang benar-benar beriman dan beramal salih.

اَمَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمۡ جَنّٰتُ الۡمَاۡوٰى نُزُلًاۢ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

"Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal salih, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS As-Sajadah: 19)

وَاَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَ نَهَى النَّفۡسَ عَنِ الۡهَوٰىۙفَاِنَّ الۡجَـنَّةَ هِىَ الۡمَاۡوٰىؕ

"Orang-orang yang takut pada kebasaran Allah Subhanahu wa ta'ala dan menahan diri dari hawa nafsu buruk. Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal (nya)." (QS An-Nazi’at: 40-41)

Baca juga: Kisah Abu Bakar Mendapat Julukan Ash-Shiddiq dan Al-'Atiq: Sang Pembenar sekaligus Terbebas 

Baca juga: Terungkap! Ini Zikir yang Ampuh Atasi Komplikasi Jiwa, Yuk Banyak-Banyak Dibaca 

8. Khuldi

Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya orang-orang yang taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

قُلۡ اَذٰ لِكَ خَيۡرٌ اَمۡ جَنَّةُ الۡخُـلۡدِ الَّتِىۡ وُعِدَ الۡمُتَّقُوۡنَ ؕ كَانَتۡ لَهُمۡ جَزَآءً وَّمَصِيۡرًا لَّهُمۡ فِيۡهَا مَا يَشَآءُوۡنَ خٰلِدِيۡنَ ؕ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ وَعۡدًا مَّسۡـــُٔوۡلًا

"Katakanlah: Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka." (QS Al Furqan: 15)

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini