Share

Saksikan Santri-Santri Penghafal Alquran, Ustadz Yusuf Mansur: Selama Hidupnya Akan Dijaga Allah Ta'ala

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 614 2540821 saksikan-santri-santri-penghafal-alquran-ustadz-yusuf-mansur-selama-hidupnya-akan-dijaga-allah-ta-ala-va7H4e0FHz.jpg Ustadz Yusuf Mansur. (Foto: Okezone)

USTADZ Yusuf Mansur (UYM), pimpinan umum Daarul Qur'an, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian para santri yang berhasil menyelesaikan hafalan Alquran. Ia juga bahagia dengan masifnya gerakan tahfidzul Quran di Indonesia.

Ustadz Yusuf Mansur mengatakan para penghafal Alquran, hafidz dan hafidzah, kelak selama hidupnya akan dijaga oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian menjadi salah satu saksi paling mulia di akhirat.

Baca juga: Abu Nawas Gampang Banget Bikin Raja Turun Takhta, Cuma Disuruh Minggir, Kok Bisa? 

"Mengapa kita harus menghafal Quran dan menjaganya? (Karena) Alquran akan menjelma menjadi makhluk yang indah, yang akan bersaksi untuk kita. Sebab, butuh ratusan kali untuk menghafal dan seumur hidup untuk menjaganya," kata UYM dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Selasa (1/2/2022).

Kemudian Ustadz Yusuf Mansur pun menekankan kepada para santri agar senantiasa membaca, menghafal, serta mengamalkan Alquran selama hidup. Sebab di dalamnya terdapat keberkahan dan karomah yang luar biasa.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 1 Februari 2022M/29 Jumadil Akhir 1443H 

"Semoga gerakan ini tidak berakhir sampai akhir zaman nanti," ujar UYM saat menghadiri Wisuda Tahfidz Pondok Pesantren Kaffah Al-Mundzirin, Lebak Murni Sako, Palembang.

Sementara itu, lanjut dia, setiap orangtua Muslim berkewajiban mengajari anaknya Alquran sejak dini. Sebab di samping Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberi ganjaran pahala besar, sang anak juga bakal memiliki perisai dalam dirinya sebagai pedoman hidup.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Para orangtua yang sabar mengajari anaknya membaca Alquran dapat jaminan langsung dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam. Sebagaimana hadis diriwayatkan oleh Hakim bahwasanya dari Buraidah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang membaca Alquran dan mengamalkannya, maka akan dipakaikan kepadanya sebuah mahkota yang terbuat dari nur (cahaya). Dan kedua orangtuanya akan dipakaikan dua pasang pakaian yang sangat indah tiada bandingnya di dunia ini. Orangtuanya akan bertanya kepada Allah, 'Ya Allah, mengapa kami diperlakukan seperti ini?' Allah menjawab, 'Ini adalah pahala bacaan Alquran anakmu'."

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Selasa 1 Februari 2022M/29 Jumadil Akhir 1443H 

Baca juga: Ainun Najib Dibanggakan Jokowi, Ustadz Yusuf Mansur: Saya Sudah Mengenal Beliau 6 Tahun Lalu 

Kemudian dalam kitab Jam'ul Fawa'id terdapat sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Thabarani dari Anas radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa mengajarkan anaknya membaca Alquran, maka dosa-dosanya yang akan datang dan yang telah lalu akan diampuni. Dan barang siapa mengajarkan Alquran pada anaknya sehingga menjadi hafizh Quran, maka pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, dan dikatakan kepada anaknya: 'Mulailah membaca Alquran.' Ketika anaknya mulai membaca satu ayat Alquran, maka ayahnya dinaikkan satu derajat, demikian terus ditinggikan derajatnya hingga tamat bacaannya."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini