Share

Masjid Rancangan Ridwan Kamil Mulai Berdiri di Gaza, Warga Palestina: Terima Kasih Indonesia

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 614 2544942 masjid-rancangan-ridwan-kamil-mulai-berdiri-di-gaza-warga-palestina-terima-kasih-indonesia-z8HIMIjq6h.jpg Masjid Syaikh Ajlin di Gaza Palestina rancangan Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @sheraze_aliya_gaza)

WARGA Palestina terharu dengan pembangunan Masjid Syaikh Ajlin yang dirancang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Perkembangan pembangunan masjid yang berdiri di Gaza, Palestina, itu kini sudah mencapai 80 persen.

Warga Palestina pun sudah bisa melihat bentuk masjid megah tiga lantai yang prosesi peletakan batu pertamanya dilakukan secara virtual oleh Aman Palestina Indonesia bersama Ridwan Kamil pada Rabu 7 April 2021.

Baca juga: 10 Masjid Terindah di Eropa, 2 di Antaranya Tanda Jasa untuk Muslim Pejuangย 

Salah seorang warga Palestina, Sheraze Aliya Gaza, membagikan video perkembangan pembangunan masjid tersebut lewat video yang diunggah di akun Instagram-nya @sheraze_aliya_gaza.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa progres pembangunan Masjid Syaikh Ajlin sudah memasuki tahap akhir. Sheraze pun berterima kasihnya kepada saudara sesama Muslim di Indonesia yang sudah mewujudkan pembangunan masjid tersebut.

Sheraze Aliya Gaza sendiri merupakan warga Gaza yang rajin mengabarkan berbagai peristiwa di Palestina lewat akun media sosial miliknya. Dia pun memiliki cukup banyak pengikut di Indonesia.

Bahkan, unggahannya tentang masjid rancangan ini langsung disukai lebih dari 5.000 orang dan direspons oleh pengikutnya.

Baca juga: 5 Crazy Rich Mualaf Indonesia yang Banyak Bangun Masjid, Ada Suami Maia Estiantyย 

Keberadaan Masjid Syaikh Ajlin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza setelah masjid sebelumnya hancur karena serangan tentara Israel pada 2014.

Desain masjid tersebut menggabungkan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam. Aman Palestina sendiri meminta rancangan masjid tersebut sejak Ridwan Kamil menjabat Wali Kota Bandung.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ridwan Kamil yang memang sudah terbiasa merancang masjid mengakui bahwa merancang Masjid Syaikh Ajlin bukan perkara mudah. Pasalnya, dia juga harus berjuang dengan urusan emosional karena pembangunan masjid ini bisa menjadi sejarah baru bagi hubungan Indonesia-Palestina.

Menurut Kang Emil โ€“sapaan akrabnya, masjid tersebut dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan antara hubungan seorang muslim dengan ilahi dan manusia dengan alam.

Baca juga: Abu Nawas Pusing Dengar Syair Putra Raja: Lebih Enak Masuk Penjara Sajaย 

Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristis dan menyerupai bentuk bambu runcing.

Dibangun megah di tepi pantai, masjid ini rencananya akan difungsikan juga untuk madrasah, agar Gaza kembali menjadi melahirkan ribuan penghafal Alquran.

Masjid Syekh Ajlin sekaligus menjadi simbol hubungan antara Muslim Palestina dan Indonesia. Kang Emil pun mengajak warga Indonesia untuk terus membantu pembiayaan pembangunan masjid tersebut.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 10 Februari 2022M/9 Rajab 1443Hย 

"Kalau masjid ini selesai, harapan warga Gaza bisa beribadah kembali dengan nyaman terwujud lewat pembangunan Masjid Syaikh Ajlin. Saya titip atas nama kemanusian dan ukhuwah Islamiyah, kita bantu sedekah infak langsung dan digital untuk menggenapkan kemulian seluruh pembangunan ini," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini