Share

10 Masjid Terindah di Eropa, 2 di Antaranya Tanda Jasa untuk Muslim Pejuang

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 615 2544619 10-masjid-terindah-di-eropa-2-di-antaranya-tanda-jasa-untuk-muslim-pejuang-x9U7E9i8PB.jpg Sultan Ahmet Mosque di Turki termasuk masjid terindah di Eropa. (Foto: Shutterstock)

MASJID menjadi salah satu bangunan terpenting bagi umat Islam. Tidak hanya digunakan untuk sholat, rumah ibadah satu ini juga difungsikan sebagai kegiatan lainnya yang tentunya berkaitan dengan agama Islam.

Eropa sebagai bagian benua terbesar di dunia juga terdapat beberapa masjid yang terkenal dan memiliki arsitektur sangat indah. Bahkan, sebagian memiliki sejarah yang tidak kalah penting, berkaitan dengan Muslim di Benua Biru tersebut.

Nah, di mana saja masjid-masjid di Eropa yang terkenal cantik dan memiliki nilai sejarah penting peradaban Islam? Berikut 10 di antaranya, seperti dihimpun dari kanal YouTube Barat Bersyahadat.

Baca juga: Bukan Almarhum, Ini Sebutan Lebih Tepat untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia 

1. Moscow Cathedral Mosque

Di Kota Moskow, Rusia, ternyata ada masjid megah yang bernama Moscow Cathedral Mosque. Letaknya ada di sebelah Stadion Olimpiade bernama Katedral. Hal ini karena masyarakat Moskow mayoritas beragama Kristen Ortodoks yang menyebut tempat ibadahnya Katedral.

Kemudian di dalam Moscow Cathedral Mosque terdapat fasilitas yakni ada perpustakaan, pendidikan Islam, dan bangunan modern seperti lift untuk penyandang distabilitas.

2. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea

Selama ini Italia terkenal dengan Colosseum sebagai salah satu banguna bersejarah. Ternyata di negara dengan mayoritas penduduk beragama Katholik ini terdapat masjid yang sangat megah.

Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea namanya. Menariknya, arsitektur dari masjid ini berbentuk gaya Romawi Kuno. Masjid estetik ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Italia, jika ke negara ini jangan lupa mampir ya.

3. Grande Mosquee de Paris

Selanjutnya Anda bisa menengok Grande Mosquée de Paris, berlokasi di kawasan Arondisemenre, Paris, Prancis. Masjid ini dibangun oleh pemerintah setempat, sebagai bentuk apresiasi kepada umat Islam di negara tersebut. Ini karena dulu masyarakat Muslim di Paris pernah membantu melawan pasukan Jerman pada Perang Dunia I.

Selain jadi Islamic Center-nya Paris, di sekitar masjid ini juga terdapa beberapa restoran yang menyajikan menu hidangan halal. Misalnya nasi khas Maroko, kemudian disajikan dengan teh panas rasa mint.

4. London Central Mosque

London dikenal dengan bangunan-bangunan uniknya, hingga menjadi salah satu kota metropolitan di Eropa. Namun di balik itu semua, ada London Central Mosque yang menjadi tempat persinggahan umat Islam di ibu kota Inggris tersebut.

London Central Mosque berlokasi di Regent’s Park atau berada di sekitar kawasan elite di sana. Masjid ini khusus dibangun oleh pemerintah setempat sebagai tanda terima kasih kepada umat Islam yang telah membantu pasukan Inggris di Perang Dunia II.

London Central Mosque saat ini menjadi pusat kegiatan keislaman. Di sana terdapat perpustakaan dan pusat layanan tentang keislaman.

Baca juga: Simak! 2 Tips Membangun Rumah Tangga Surgawi ala Syekh Muhammad Jaber 

5. Islamisches Zentrum Wien

Di Kota Wina, Austria, juga memiliki masjid yang sangat unik. Islamisches Zentrum Wien namanya. Bangunannya megah dan menjadi pusat studi atau Islamic Center di negara tersebut.

Islamisches Zentrum Wien didominasi dengan warna putih, arsitekturnya didesain perpaduan Timur Tengah dan Eropa. Memiliki menara setinggi 32 meter, terdapat tiga lantai dan mampu menampung kurang lebih sebanyak 2.000 jamaah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Cologne Central Mosque

Jerman dikenal dengan negara yang memengaruhi keadaan perekonomian/bursa saham dunia. Negara ini juga dikenal melahirkan ilmuan, teknologi, hingga prestasi di dalam bidang olahraga.

Namun ternyata Jerman juga punya masjid yang menarik lho, yaitu Cologne Central Mosque namanya. Uniknya masjid ini memiliki bangunan futuristik, karena bentuk kubahnya sangat modern. Selain itu, bangunan yang sebagian besar dari bahan kaca ini mampu menampung 10.000 jamaah.

Baca juga: Terungkap Keteladanan yang Diamalkan Syekh Ali Jaber dalam Berdakwah, Umat Jadi Mudah Mengerti 

7. Sultan Ahmed Mosque

Sultan Ahmed Mosque menjadi salah satu masjid yang sangat terkenal di Eropa. Disebut juga dengan nama Masjid Biru, berlokasi di Kota Istanbul, Turki. Bangunan ini menjadi sebuah masjid kekaisaran bersejarah era Ottoman.

Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I yang kemudian menjadi nama masjid tersebut.

Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi, cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru.

8. Saint Peterburg Mosque

Selanjutnya di Kota Saint Peterburg, Rusia, juga memiliki sebuah masjid megah dinamakan Saint Peterburg Mosque. Bangunan ini didominasi dengan nuansa biru, sehingga masjid tersebut juga disebut masjid biru, selain Sultan Ahmed Mosque yang ada di Istanbul.

Masjid ini memiliki tiga menara. Menara pertama memiliki tinggi 39 meter, kemudian menara kembar lainnya setinggi 49 meter.

9. Akhmad Kadyrov Mosque

Masjid Central Dome Grozny terletak di Grozny, ibu kota Chechnya, dan menggunakan nama Akhmad Kadyrov. Nama masjid ini diambil dari nama mendiang presiden dan tokoh spiritual Chechen yang terbunuh pada tahun 2004 lalu. Di mana ia juga merupakan ayah dari Presiden Chechnya saat ini, Ramzan Kadyrov, yang meresmikan Masjid Akhmad Kadyrov pada 17 Oktober 2008.

Bangunan ini dulunya adalah bekas bangunan markas besar partai komunis, kemudian dipganti menjadi masjid. Masjid Akhmad Kadyrov memiliki bangunan menara setinggi 63 meter, kemudian memiliki fasilitas madrasah, asrama, dan badan kajian Islam. Akhmad Kadyrov Mosque mampu menampung 10.000 jamaah.

Baca juga: Kisah Lucu Abu Nawas Menangkap Harimau Berjenggot Genit yang Menggoda Istrinya 

10. Mezquita de Gordoba

Kemudian beralih ke Spanyol, terdapat masjid yang megah dan bersejarah yakni dinamakan Mezquita de Gordoba atau disebut Masjid Kordoba, berlokasi di Kordoba, Andalusia. Masjid bersejarah ini sebagai saksi kejayaan peradaban Islam di masa lalu. Masjid tersebut dibangun masa Dinasti Umayyah, kemudian berubah menjadi katedral karena penjajahan yang dilakukan pasukan salib.

Struktur masjid ini dianggap sebagai monumen penting dalam sejarah arsitektur Islam dan dianggap oleh banyak ahli sebagai sangat berpengaruh pada arsitektur "Moor" di wilayah Mediterania barat dari dunia Islam. Selain itu, bangunan ini juga merupakan salah satu monumen bersejarah dan tempat wisata utama di Spanyol, serta jadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1984.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini