Share

Masya Allah, Begini Wujud Hajar Aswad ketika Di-Zoom 4.000 Kali

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 614 2546819 masya-allah-begini-wujud-hajar-aswad-ketika-di-zoom-4-000-kali-Eex2T2gmjX.jpg Hajar Aswad. (Foto: Sindonews)

HAJAR Aswad merupakan sebuah batu bearoma harum yang terdapat di sudut bangunan suci Kakbah. Batu ini diyakini umat Islam berasal dari surga.

Umat Islam yang sedang melakukan ibadah haji tentu berharap bisa mencium maupun mengusap Hajar Aswad. Bukan hanya karena aromanya yang wangi, tetapi hal ini juga sebagai sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Jadi Mualaf, Gadis Cantik Italia Ini Sekarang Ahli Bahasa Arab dan Budaya Islam 

Ada sebuah hadis yang menceritakan tentang salah satu sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yakni Umar bin Khattab yang turut mencium Hajar Aswad selepas melihat sang Rasul melakukan hal tersebut.

Umar berkata, "Sesungguhnya aku menciummu dan aku tahu bahwa engkau hanyalah batu. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menciummu, maka tentu aku tidak akan menciummu." (HR Bukhari dan Muslim)

Hajar Aswad.

Hajar Aswad memang memiliki aroma harum, tapi pernahkan melihat penampakannya ketika di-zoom 4.000 kali?

Dikutip dari kanal YouTube Islam, Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah merilis berbagai foto close up Hajar Aswad dengan resolusi tinggi pada 2 Mei 2021.

Baca juga: Kangen Abu Nawas, Raja Lampiaskan dengan Numpang Buang Air, Kok Aneh? 

Foto tersebut dihasilkan dari teknologi Fox Stack Panorama. Teknik ini digunakan untuk mengambil gambar secara fokus dan dapat memberikan cakupan luas pada objek foto.

Dalam menghasilkan foto-foto Hajar Aswad yang dapat diperbesar memerlukan waktu hingga 7 jam. Dari sanalah dihasilkan 1.000 gambar fox stack panorama untuk mendapatkan foto beresolusi 49.000 megapiksel itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Foto-foto Hajar Aswad dengan tingkat kejernihan berbeda digabungkan untuk menghasilkan 1 foto yang memiliki tingkat akurasi serta kualitas tinggi. Foto tersebut menjadi potret pertama di dunia yang dapat menunjukkan lebih dekat seperti apa penempakan Hajar Aswad.

Melalui foto Hajar Aswad itu, setiap orang bisa melihat setiap bagian batu yang tidak terlihat sebelumnya. Mulai dari tekstur hingga warna batu yang tampak kemerahan berpadu beberapa bagian warna hitam pun terlihat jelas.

Baca juga: Kisah Dokter Takjub dengan Zikir Membuat Pasien Sembuh Lebih Cepat 

Baca juga: Gus Baha Ungkap Karomah Kiai Abbas Buntet Jatuhkan Pesawat Penjajah Melalui Doa 

Batu hajar aswad begitu istimewa, mulai dari aroma hingga visual yang unik. Tetapi perlu juga diketahui, keistimewaan batu hajar aswad tak berhenti sampai di situ. Sebuah hadis mengatakan Hajar Aswad bisa bersaksi di hari akhir.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Demi Allah, Allah akan mengutus batu tersebut pada hari kiamat dan ia memiliki dua mata yang bsia melihat. Memiliki lisan yang bisa berbicara dan akan menjadi saksi bagi siapa yang benar-benar menyentuhnya." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini