Share

Terungkap, Dorce Gamalama Bangun Masjid Sebelum Meninggal Dunia

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 614 2548253 terungkap-dorce-gamalama-bangun-masjid-sebelum-meninggal-dunia-A57Ll9ewg8.jpg Dorce Gamalama membangun masjid sebelum meninggal dunia. (Foto: Dok YouTube Curhat Bang Denny Sumargo)

ARTIS senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu pagi tadi. Tapi kenangan terhadap sosok dermawan ini pun masih terus teringat. Salah satunya kepedulian membangun Masjid Al Hayyu di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Masyarakat di sekitar masjid mengenal Dorce Gamalama sebagai sosok figur publik yang baik. Ini terutama dirasakan Ghazali Amirsyah yang merupakan pengurus Masjid Al Hayyu sekaligus pembeli dari rumah Dorce di kawasan tersebut.

Baca juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Ulama Sebut Harus Dimakamkan Sesuai Kodratnya 

Info grafis Dorce Gamalama meninggal dunia. (Foto: Okezone)

Baca juga: Mengenang Dorce Gamalama, Artis Dermawan yang Santuni 600 Anak Yatim dan Anak Palestina 

Ghazali mengaku sangat bersyukur lantaran bisa membeli rumah milik Dorce yang bersebelahan dengan masjid itu. Menurut dia, masjid yang didirikan oleh Dorce itu sudah sepatutnya dilestarikan.

"Terus terang saya bersyukur. Secara pribadi, saya memang membeli rumah beliau. Beli rumah dapat masjid," ujar Ghazali Amirsyah.

"Saya merasa bahwa masjid ini adalah amanah dia yang harus kita lestarikan, dan masjid ini merupakan masjid untuk masyarakat di sini. Kita berharap bisa dimanfaatkan dan amal-amal kebaikan yang dilakukan di masjid ini mengalir untuk almarhum," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selama tinggal di lingkungan tersebut dan menjadi pengurus Masjid Al Hayyu, Ghazali mengungkapkan ada cukup banyak kebaikan yang bisa dilihatnya dari figur seorang Dorce Gamalama. Selain memiliki sifat periang, Dorce juga sudah berbaik hati mewakafkan tanah miliknya untuk dibangun masjid demi warga sekitar.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Segera Bayar Utang Puasa, Simak 5 Caranya yang Tepat 

Baca juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, 4 Ulama Ini Beri Nasihat terkait Wasiatnya 

"Saya lihat banyak kebaikan-kebaikan beliau. Yang saya tahu, selama saya tinggal di sini, banyak kebaikan beliau. Salah satunya ketika saya pindah kemari, masjid langsung diwakafkan untuk para jamaah di sekitar sini," paparnya.

"Alhamdulillah, Masjid Al Hayyu secara rutin mengadakan kegiatan-kegiatan, dan insya Allah, Allah mencatat semua amal-amal kebaikan yang dilaksanakan di masjid. Pahalanya akan mengalir kepada almarhum. Inilah masjid Dorce dan beliau juga menceritakan banyak hal kebaikan-kebaikan," kisahnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini