Share

Ashabul Kahfi Tertidur 300 Tahun di Dalam Gua, Ini Faedahnya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 330 2548513 ashabul-kahfi-tertidur-300-tahun-di-dalam-gua-ini-faedahnya-menurut-ustadz-adi-hidayat-cmZBEMJkdr.jpg Ustadz Adi Hidayat (UAH) memberitahukan faedah kisah Ashabul Kahfi. (Foto: Dok YouTube Adi Hidayat Official)

KISAH Ashabul Kahfi bisa dijadikan pelajaran penting bagi kaum Muslimin. Tidak hanya melegenda, cerita para pemuda ini juga menjadi penunjuk kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Peristiwa ini juga mengarah ke salah satu gua di Kota Abu Alanda, tepatnya di daerah Perkampungan Al Rajib, sekira 10 kilometer sebelah timur ibu kota Amman, Yordania.

Ashabul Kahfi merupakan sebutan bagi tujuh pemuda serta seekor anjing. Anjing ini merupakan satu-satunya hewan yang masuk ke surga lho.

Baca juga: Abu Nawas Kejatuhan 100 Keping Perak saat Berdoa, Kok Malah Tetangganya Marah-Marah? 

Gua Ashabul Kahfi. (Foto: Istimewa)

Dikutip dari unggahan akun Instagram @islamic_landmarks, kala itu gua menjadi satu-satunya tempat berlindung para sahabat tersebut. Disebutkan, Ashabul Kahfi tertidur hingga 300 tahun lamanya. Mereka melarikan diri karena kekejamanan Raja Dikyanus karena diancam akan dihukum mati bagi siapa saja yang tidak sejalan dengan pemimpin tersebut.

Kisah Ashabul Kahfi ini juga tertulis di dalam kitab suci Alquran, yaitu pada Surat Al Kahfi. Tiga kutipan ayat ini menjelaskan tentang kisah tersebut, yaitu:

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Kamis 17 Februari 2022M/16 Rajab 1443H 

أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَابَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيمِ كَانُوا مِنْ آيَاتِنَا عَجَبًا

"Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?" (QS Al Kahfi: 9)

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

"(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: 'Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)'." (QS Al Kahfi: 10)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

فَضَرَبْنَا عَلَىٰ آذَانِهِمْ فِي الْكَهْفِ سِنِينَ عَدَدًا

"Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu." (QS Al Kahfi: 11)

Ketiga ayat tersebut menjelaskan bahwa Ashabul Kahfi memang benar-benar dijaga oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sampai akhirnya mereka tidur ratusan tahun lamanya. Kemudian lolos dari Raja Dikyanus.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 17 Februari 2022M/16 Rajab 1443H 

Baca juga: 7 Sunah Nabi ketika Bangun Tidur, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Keutamaannya yang Luar Biasa 

Sementara itu Ustadz Adi Hidayat mengatakan tertidurnya Ashabul Kahfi selama 300 tahun sebagai tanda bahwa ketika dalam bahaya namun semuanya diserahkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala maka kenyaman akan diberikan-Nya.

"Dibandingkan minta dunia, lebih baik minta rahmat sama Allah Subhanahu wa ta'ala. Begitu rahmat diturunkan, maka kesulitan hilang," ujar Ustadz Adi Hidayat dalam kanal YouTube Kajian Singkat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini