Share

Humor Gus Baha: Rokok Barang Haram, Ya Sebaiknya Dibakar Saja

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 614 2552002 humor-gus-baha-rokok-barang-haram-ya-sebaiknya-dibakar-saja-wLfktVVtz7.jpg Ilustrasi humor Gus Baha. (Foto: YouTube)

KIAI Haji Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha memang dikenal sebagai ulama yang nyentrik dalam menyampaikan tausiyah. Ini membuat jamaah makin tertarik menyimaknya.

Salah satunya ketika Gus Baha menyampaikan cerita lucu terkait rokok. Bagaimana kisahnya? Dikutip dari kanal YouTube Caping Bertasbih 2, simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Kocak! Abu Nawas Takut Dimarahi Majikannya, Coba Bunuh Diri Minum Madu, Eh Malah Kekenyangan 

Suatu hari Gus Baha menghadiri acara resepsi pernikahan kerabatnya. Di sana, ia tidak henti-henti tertawa mendengar kisah Habib Umar yang membaca artikel bahaya rokok. Pasalnya, bukannya berhenti merokok, Habib Umar justru berhenti membaca artikel bahaya rokok lainnya.

"Saya baca bahayanya merokok, setelah tahu bahayanya, saya berhenti membaca. Ta' pikir itu setelah tahu bahayanya berhenti merokok, ternyata enggak," tutur Gus Baha.

Baca juga: Isra Miraj, Ini Kisah Rasulullah Meminta Keringanan Sholat dari 50 Menjadi 5 Waktu 

Diceritakan, Habib Umar juga pernah ditegur oleh seorang dokter, "Bib, kalau merokok terus nanti mati?"

Dengan santainya Habib Umar justru menjawab, "Tenang saja dok, saya masih bawa korek." Para santri yang menyimak langsung tertawa terbahak-bahak.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tidak berhenti sampai di sana, Gus Baha kembali menceritakan humor lainnya terkait rokok. Suatu ketika seorang sesepuh bertanya kepada Gus Baha, "Ha, rokok itu haram tidak?"

Baca juga: Amalkan 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah, Terungkap Keutamaannya yang Luar Biasa 

Baca juga: Keutamaan Masuk Masjid Mendahulukan Kaki Kanan, Ini Penjelasannya 

Gus Baha kemudian menjawab, "Kalau pendapat saya mengatakan haram bagaimana Mbah?"

Jawaban tidak terduga justru keluar dari sang sesepuh, "Lha iya, jika haram berarti saya benar. Makanya saya bakar, barang haram itu sebaiknya dibakar."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini