Share

5 Masjid Megah dan Indah di Rusia, Ada yang Tertinggi di Eropa serta Masuk Warisan Budaya UNESCO

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 615 2553100 5-masjid-megah-dan-indah-di-rusia-ada-yang-tertinggi-di-eropa-serta-masuk-warisan-budaya-unesco-2Fe3GwLu4m.jpg Masjid Katedral Moskow di Rusia. (Foto: Theculturetrip)

NEGARA Rusia tengah menjadi pusat perhatian dunia setelah terlibat perang dengan negara tetangganya Ukraina. Namun di luar dari peristiwa itu, ternyata sekira 20 persen orang yang tinggal di Rusia adalah Muslim. Negara ini pun memiliki lebih dari 8.000 masjid.

Meski penduduk Muslim di sana hanya 20 persen, bangunan-bangunan masjid di Rusia sangat indah. Bahkan, beberapa di antaranya disebut sebagai masjid termegah dan terindah.

Berikut ini lima masjid termegah dan terindah di Rusia, sebagaimana dirangkum dari Theculturetrip, Jumat (25/2/2022).

Baca juga: Indahnya Masjid 99 Kubah, Bikin Kaum Muslimin Betah Beribadah 

1. Masjid Katedral Moskow

Dibuka pada 2015 setelah perbaikan selama 10 tahun, Masjid Katedral Moskow adalah masjid tertinggi di Eropa. Mampu menampung 10.000 orang, masjid enam lantai ini terdiri dari beberapa aula, perpustakaan, museum, serta ruang pameran.

2. Heart of Chechnya di Grozny

Heart of Chechnya adalah masjid klasik dengan eksterior ubin travertine yang indah serta interior marmer putih. Dinamakan setelah Akhmad Kadyrov, presiden pertama Republik Chechnya, fitur itu adalah empat minater setinggi 63 meter dan kubah raksasa setinggi 32 meter. Ditetapkan untuk menampung lebih dari 10.000 orang, Heart of Chechnya adalah satu-satunya masjid di Rusia, yang disiarkan langsung 24/7.

Baca juga: Selain Indonesia, 5 Negara Mayoritas Muslim Ini Juga Atur Penggunaan Pengeras Suara Masjid 

3. Masjid Juma di Derbent

Masjid Juma menjadi masjid tertua di Rusia. Terletak di wilayah Derbent, Dagestan. Didirikan antara tahun 733 dan 734 Masehi. Masjid ini dianggap sebagai situs warisan budaya UNESCO.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Masjid Qolsarif di Kazan

Bagian dari situs warisan dunia yang merupakan Kompleks Sejarah dan Arsitektur Kazan Kremlin, Masjid Qolsarif bisa dibilang merupakan atraksi paling ikonik di Kazan. Masjid ini dapat menampung 6.000 orang dan memiliki lebih banyak menara daripada masjid lain di Rusia.

Baca juga: Alquran Surat Yasin Ayat 1-83 Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia 

5. Masjid Pusat di Nizhnekamsk

Dibuka pada 1996 untuk merayakan ulang tahun kota yang ke-30, ini bukan hanya sebuah masjid, tetapi juga pusat budaya dan pusat pendidikan. Masjid Pusat di Nizhnekamsk terdiri dari madrasah, perpustakaan, pusat sejarah dan budaya, serta hotel.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Terjemahan Beserta Keutamaannya Dibaca Setiap Hari Jumat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini