Share

Heboh Nikah Beda Agama di Semarang, Ustadz Adi Hidayat: Hukumnya Maksiat Termasuk Zina

Hantoro, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 330 2559350 heboh-nikah-beda-agama-di-semarang-ustadz-adi-hidayat-hukumnya-maksiat-termasuk-zina-ei1YgTlkuC.jpg Ustadz Adi Hidayat (UAH) tegaskan pernikahan beda agama hukumnya maksiat zina. (Foto: YouTube Ceramah Pendek/Al-Hujjah)

BEBERAPA waktu belakangan muncul berita heboh pernikahan beda agama di Kota Semarang, Jawa Tengah. Seorang wanita Muslim tampak ikut pemberkatan di gereja. Kejadian ini pun menjadi viral dan diperbincangkan publik Tanah Air.

Terkait pernikahan beda agama, Ustadz Adi Hidayat Lc MA sebenarnya sudah lama membahas hukumnya menurut syariat Islam. Ia menegaskan Larangan pernikahan beda agama itu jelas sekali dalam Alquran Surat Al Baqarah Ayat 221:

Baca juga: 5 Fakta Wanita Berhijab Nikah di Gereja, Ada Konselor Pendamping 30 Pernikahan Beda Agama 

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ ۚ وَلَأَمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ ۗ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا ۚ وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ ۗ أُولَٰئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ ۖ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ ۖ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

Artinya: "Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran." (QS Al Baqarah: 221)

Viral pernikahan beda agama di Semarang. (Foto: Instagram @underc0ver.id)

"Dan jangan pernah menikahi perempuan yang musyrik. Jadi enggak boleh laki-laki Muslim menikah dengan perempuan yang musyrik. Itu enggak boleh, dan haram hukumnya," tegas Ustadz Adi Hidayat dalam tayangan di kanal YouTube Ceramah Pendek.

Baca juga: Viral Wanita Berhijab Nikah Beda Agama di Gereja, Begini Hukumnya Menurut Islam 

Ia mengatakan, musyrik itu menyekutukan Allah Subhanahu wa ta'ala. Mereka adalah orang yang mengatakan Tuhan itu ada bapaknya, ada anaknya. Tuhan itu tiga, Tuhan itu berserikat. Itu musyrik yang paling luar biasa. Itu kezaliman.

"Seseorang yang menikah, dia dalam keadaan Muslim, sudah tahu dalam keadaan Muslim, kemudian dia menikahi hal yang dilarang dalam Alquran, maka hukumnya maksiat. Jadi pernikahanannya dipandang sebagai pernikahan yang maksiat," jelasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, hubungannya pernikahan beda agama itu termasuk kategori zina. Itu sepanjang pelakunya belum bertobat dan kembali kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Hukumnya kalau diketahui maka harus dipisahkan.

Ustadz Adi Hidayat menambahkan, kalau perempuan harus lebih hati-hati, bahasa Quran-nya "Jangan dinikahkan".

"Artinya kalau ada anak perempuan menikah dengan non-Muslim, kemudian terjadi pernikahan, bahkan bapaknya yang menikahkan misalnya, atau ridho saja, bukan cuma anaknya yang dosa, bapaknya ikut dosa. Karena beban dari perempuan itu yang menikahkan walinya. Hati-hati," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral Nikah Beda Agama di Semarang, Wanita Muslim Ikut Pemberkatan di Gereja 

Baca juga: Ucap Bismillah, Martunis Putra Cristiano Ronaldo Lelang Jersey demi Bangun Pesantren di Aceh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini