Share

Kisah Nasruddin Hoja Mengumandangkan Azan Sambil Berlari, Alasannya Bikin Heran Banget!

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 Maret 2022 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 614 2560265 kisah-nasruddin-hoja-mengumandangkan-azan-sambil-berlari-alasannya-bikin-heran-banget-avBrAysgkK.jpg Ilustrasi kisah Nasruddin Hoja mengumandangkan azan sambil berlari. (Foto: Istimewa/Sindonews)

KISAH Nasruddin Hoja yang mengumandangkan azan sambil berlari ternyata menarik bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Cerita ini sangat lucu, sampai-sampai mereka yang mengetahuinya terpingkal-pingkal dibuatnya. Yuk disimak kisah lengkapnya.

Nasruddin Hoja merupakan salah satu tokoh sufi asal Turki yang dikenal kecerdasannya dalam menghadapi berbagai hal. Misalnya saat ia mengumandangkan azan sampai harus berlari-lari.

Baca juga: Kisah Nasruddin Hoja Sholat Jumat di Hari Kamis, Kok Bisa? 

Dikutip dari kanal YouTube Alkisah Sufisme, suatu hari Nasruddin Hoja mengumandangkan azan sebagai tanda waktu sholat sudah tiba dan sekaligus memanggil seruan kepada banyak orang.

Akan tetapi orang-orang di sekitarnya malah asyik mengobrol ketika azan sudah berkumandang. Nasruddin pun merasa aneh, apakah suaranya kurang kencang sehingga orang lain mengabaikan panggilan sholat ini?

Baca juga: Wanita Ini Histeris Keluar Darah Haid Terus-menerus saat Umrah, Terungkap Dosa yang Diperbuat! 

Nasruddin tidak kehilangan akal. Ia terus mengeraskan suara azannya, sampai orang-orang di sekitarnya sadar panggilan itu, sehingga mereka berhenti mengobrol. Akan tetapi, lagi-lagi usahanya ini gagal.

Hingga suatu ketika Nasruddin mengumandangkan azan sambil berlari-lari, sejauh ia yakini kalau orang-orang di sekitarnya sadar akan panggilan sholat tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Melihat Nasruddin yang terus berlari, kemudian orang-orang melihatnya dan khawatir ada sesuatu yang terjadi kepada tokoh sufi tersebut.

Lalu seseorang bertanya, "Ada apa kau sampai berlari-lari?"

Baca juga: Alhamdulillah! Sholat Jumat Hari Ini Boleh Rapatkan Shaf Lagi, Simak Fatwa MUI 

Baca juga: Benarkah Rusia Bangsa Rum yang Disebut dalam Hadis Rasulullah tentang Akhir Zaman? 

"Aku hanya mencoba seberapa jauh suara azan yang dikumandangkan bisa terdengar," jawab Nasruddin.

Hal ini sebagai upaya agar semua orang sadar bahwa pentingnya memerhatikan suara azan. Sehingga, umat Islam bisa melaksanakan sholat tepat waktu secara berjamaah.

Wallahu a'lam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini