Share

5 Tips Persiapan Fisik dan Mental Sambut Puasa Selama Ramadan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 616 2562687 5-tips-persiapan-fisik-dan-mental-sambut-puasa-selama-ramadan-JJ07ujvJxH.jpg 5 tips persiapan fisik dan mental sambut puasa selama Ramadan (Foto: ACT)

JAKARTA - Fisik dan mental perlu dipersiapkan agar bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar di bulan Ramadan. Persiapan ini berguna sebagai transisi agar tubuh tidak kaget dengan perubahan saat berpuasa.

Dokter Humanity Medical Services ACT Alifa Astuti memberikan beberapa tips untuk melatih fisik agar siap menjalani ibadah puasa.

Mulai mengurangi rokok dan kafein

Jika anda terbiasa merokok dan mengonsumsi kafein, mulai sekarang secara bertahap porsinya harus mulai dikurangi. Bila terasa mengantuk di siang hari, tidak harus minum kopi.

Sebagai gantinya bisa dicoba power nap atau tidur siang singkat untuk mengembalikan stamina tubuh. Memangkas konsumsi kafein secara tiba-tiba di awal Ramadan rentan membuat sakit kepala.

โ€œMerokok juga tidak sehat untuk kesehatan tubuh apalagi saat di bulan Ramadan nanti. Berbuka puasa dengan langsung merokok berarti hal pertama yang masuk ke dalam tubuh adalah zat-zat beracun seperti karbon monoksida. Mulai sekarang merokok harus sudah dikurangi,โ€ ujar dokter Alifa.

Batasi jumlah asupan

Puasa, selain ibadah, juga memangkas waktu makan anda dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Kondisi ini cukup menantang bagi orang yang terbiasa makan tiga kali sehari dan ngemil.

Menghadapi puasa, baiknya tubuh menyesuaikan terlebih dahulu dengan tidak banyak ngemil. Terutama di sela-sela jam makan pagi dengan siang dan makan siang dengan malam.

Rencanakan menu sahur dan berbuka

Manfaat merencanakan menu sahur dan berbuka sebelum memasuki bulan puasa adalah anda bisa menentukan menu yang sehat. Selain itu, dengan menyiapkan rencana menu sahur dan berbuka, kenaikan berat badan selama bulan Ramadan juga bisa dihindari.

โ€œKenaikan berat badan biasanya disebabkan karena beberapa hal misalnya makan larut malam, kecenderungan makan berlebih, atau lebih suka makan hidangan dengan karbo tinggi yang digoreng. Jika direncanakan, hal ini bisa dihindari,โ€ jelasnya.

Kontrol ke dokter

Bagi anda yang memiliki masalah pada kesehatan yang berisiko mengganggu puasa, maka sebelum memasuki bulan Ramadan disarankan memeriksakan kesehatan atau berkonsultasi ke dokter.

Dokter akan memberi pertimbangan, saran, dan resep obat yang tepat supaya bisa menjalankan puasa dengan baik.

Rencanakan olahraga

Olahraga dengan mengganti latihan yang berintensitas tinggi menjadi sedang. Perencanaan latihan bisa dilakukan bersama pelatih untuk memastikan kesehatan dan kecukupan cairan dalam tubuh saat olahraga selama berpuasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini