Share

Ini Cara Bayar Utang Puasa Ramadan jika Lupa Jumlahnya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 330 2563641 ini-cara-bayar-utang-puasa-ramadan-jika-lupa-jumlahnya-MZwz0LBA7L.jpg Ilustrasi cara membayar utang puasa Ramadan jika lupa jumlahnya. (Foto: Shutterstock)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan cara membayar utang puasa Ramadan jika lupa jumlahnya. Ia mengatakan caranya tidak jauh berbeda dengan kasus ketika lupa jumlah rakaat sholat.

Dia menerangkan, apabila lupa rakaat sholat maka dipilih yang lebih sedikit. Tapi kalau lupa jumlah utang puasa Ramadan, pilih yang lebih banyak.

Baca juga: 3 Amal Salih Berpahala Besar Menyambut Ramadan, Dikerjakan pada Akhir Syaban 

"Ini sama dengan kalau lupa jumlah rakaat sholat. Kalau antum ragu, 3 atau 4 rakaat ya? Kita pilih yang lebih sedikit. Kalau puasa Ramadan, kata ulama, dibalik. Maksudnya diambil hukum seperti sholat tapi dibalik. Kalau sholat dipilih yang lebih sedikit, kalau puasa dipilih yang lebih banyak," terang Ustadz Khalid Basalamah dalam unggahan di akun Facebook Oppie Amar Oppie.

"Misal, puasa saya 15 hari atau 17 hari ya? Pilih 17 hari, yang lebih banyak, berjaga-jaga, karena hikmah syarinya kata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam kalau masalah sholat, kalau dia lupa 3 atau 4 rakaat, lalu dia pilih 3, dan ternyata itu sudah 4 rakaat, maka berarti dia sholat 5 rakaat, dan target 4 rakaat terpenuhi. Kalau dia pilih 4 rakaat, ternyata baru 3, maka sholatnya belum sempurna karena baru 3 rakaat dia kerjakan," lanjutnya.

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat, Nomor 5 Bikin Cowok-Cowok Makin Ganteng 

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, jika lupa jumlah utang puasa, kalau ada 15 dan 17 hari, lalu memilih 15 hari, berarti masih ada 2 hari yang kurang. Maka itu harus dibalik dari cara ketika lupa sholat. Tapi hukumnya hampir sama dengan sholat. Bedanya kalau sholat memilih yang lebih sedikit, sementara puasa memilih yang lebih banyak.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini