Share

Syekh Ali Jaber Jelaskan 2 Amalan Cara Berbakti ke Orangtua yang Telah Meninggal

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Minggu 20 Maret 2022 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 330 2564848 syekh-ali-jaber-jelaskan-2-amalan-cara-berbakti-ke-orangtua-yang-telah-meninggal-BIPIN55ot0.jpg Syekh Ali Jaber jelaskan 2 amalan cara berbakti ke orangtua yang telah meninggal (Foto: Dok. RCTI)

JAKARTA - Orang yang sudah meninggal dunia tentunya akan terputus apapun hubungannya dengan dunia, terkecuali tiga perkara, yakni amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh.

Apabila orangtua meninggal, anak-anak akan berdoa untuk mereka dengan harapan bisa memberikan berkah kepada orangtua di alam kubur.

Namun, sebagai anak apakah masih ada kesempatan untuk berbakti kepada orangtua yang sudah tiada? Adalah amalan terbaik bagi seorang anak untuk kedua orangtuanya yang sudah meninggal?

Melalui tausyiahnya, almarhum Syekh Ali Jaber mengatakan, masih ada kesempatan besar untuk berbakti ke orangtua yang sudah tiada. Ternyata ada dua cara ampuh untuk melaksanakan amalan bagi orangtua, dengan bersedekah atas nama orangtua dan memberikan doa.

“Alhamdulillah, masih ada kesempatan. Yang pertama, yaitu bersedekah” kata Syekh Ali Jaber, dikutip dari YouTube Channel Audio Syuar, Minggu (20/3/2022).

“Bersedekah atas nama orangtua kita. Di manapun kita berada, sedekah seberapapun dan apapun,” tambahnya

Ada malaikat yang bertugas, saat seseorang sudah bersedekah atas nama orangtua. Ketahuilah, maka akan sampai cahaya yang indah terang dan luar biasa dahsyatnya untuk kedua orangtua Anda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ketika orangtua menerima cahaya itu, mereka mempertanyakan dari mana datangnya cahaya itu. Lalu malaikat mengatakan, jika cahaya itu adalah amalan sedekah dari anak-anaknya yang berada di dunia.

“Ya Allah, aku mohon pahala sedekah ini untuk kedua orangtuaku. Oleh karena itu, setiap anda bersedekah saya sarankan untuk jangan lupa dengan orangtua kita” ujar almarhum Syekh Ali Jaber.

Selanjutnya ada amalan yang diijabah serta insya Allah dikabulkan, adalah doa seorang anak yang soleh ataupun soleha. Bahkan, beberapa ulama menyebut itu juga termasuk salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

“Amalan yang kedua untuk berbakti ke orangtua yang sudah meninggal adalah doa,” ucap Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber juga mengatakan, setiap kita tahajud, setiap kita doa dalam sujud, setiap kita mengangkat tangan, sebelum kita meminta hajat untuk diri sendiri dan keluarga, sebelum memohon rizki untuk keturunan, pantasnya kita berdoa untuk kedua orangtua kita.

Setiap waktu, sujud, lakukanlah berdoa. Saat turunnya hujan, bahkan antara adzan dan iqomah, panjatkan cara amalan berdoa.

Jadikan bagian doa itu, sebagian dari doa itu untuk kedua orangtua kita. Supaya Allah menenangkan mereka di alam kubur.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini