Share

Nabi Muhammad Dialog dengan Iblis, Terungkap Sosok Manusia yang Jadi Temannya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 614 2565943 nabi-muhammad-dialog-dengan-iblis-terungkap-sosok-manusia-yang-jadi-temannya-3Ch2Ig2JVb.jpg Ilustrasi kisah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dialog dengan iblis. (Foto: Sindonews)

SUATU ketika Allah Subhanahu wa ta'ala mengutus iblis menemui Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Kala itu Rasulullah yang sedang berada di rumah salah seorang sahabat Anshar pun terlibat dialog bersama iblis. Adapun isi dialog Nabi dengan iblis berkutik pada pertanyaan yang mengharuskan iblis menjawab secara jujur.

"Tanyalah apa yang hendak kau tanyakan, jika aku berdusta, aku akan dicaci oleh setiap musuhku. Tidak ada sesuatu paling besar yang menimpaku selain cacian musuh," ujar iblis, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Kabar Islam, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Lebih Ampuh dari Pawang Hujan, Karomah Mbah Moen Ini Bikin Takjub Jamaah 

Isi dialog pertama yang diutarakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kepada iblis adalah pertanyaan tentang siapakah manusia yang paling dibenci oleh iblis.

"Kamu dan orang-orang sepertimu adalah makhluk Allah paling aku benci," kata iblis.

Selain Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, iblis juga membeci pemuda yang bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, orang alim dan loyal, orang yang selalu bersuci, seorang fakir yang sabar dan tidak pernah mengeluhkan kesulitannya kepada orang lain, serta orang kaya yang bersyukur.

Isi dialog antara Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dengan iblis tidak berhenti sampai di situ. Rasul penasaran tentang penilaian iblis terhadap para sahabat. Salah satunya adalah Umar bin Khattab.

"Setiap berjumpa dengannya, aku pasti kabur," jawab iblis.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Obati Sakit Pangeran Cuma dengan Tempelkan Telinga, Hebat Sekali! 

Selanjutnya isi dialog Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan iblis berlanjut tentang apa yang dirasakan ketika umat Islam menjalankan ibadah dengan baik. Misalnya ketika seseorang begitu khusyuk melantunkan ayat suci Alquran.

"Jika ia membaca Alquran, aku terasa meleleh bak timah di atas api," ucap iblis.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kemudian bertanya mengenai manusia yang lekat serta disukai iblis. Makhluk penghuni neraka itu lantas menjawab pemakan riba, pezina, pemabuk, pencuri, tukang sihir, orang yang meninggalkan Sholat Jumat, serta mereka yang bersumpah maupun bercerai.

Di sela-sela dialog dengan iblis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun bersabda,

"Segala puji bagi Allah yang telah membahagiakan umatku dan menyengsarakanmu."

Baca juga: Kisah Presenter Tio Nugroho Masuk Islam Usai Dengar Azan: Kini Kejar Akhirat, Tak Mau Ketinggalan Sholat 

Baca juga: 5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia, Mana Saja Ya? 

Iblis kemudian menimpali ucapan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dengan kalimat seolah menantang, "Tidak, tak akan kebahagiaan selama aku hidup di hari akhir. Bagaimana kau bisa berbahagia dengan umatmu, sementara aku bisa masuk ke dalam aliran darah mereka dan tidak bisa melihatku."

Lebih lanjut iblis bersumpah bahwa hingga hari akhir ia akan terus menyesatkan umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Entah mereka pintar atau bodoh, durjana maupun salih, iblis berjanji tetap membuat mereka tersesat di jalan yang salah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini