Share

Ramadan 2022, Ini Daftar 10 Setan yang Dibelenggu Selama Bulan Puasa

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 614 2572052 ramadan-2022-ini-daftar-10-setan-yang-dibelenggu-selama-bulan-puasa-Eq1GZxzyzS.jpeg Ramadan 2022, ini daftar 10 setan yang dibelenggu selama bulan puasa (Foto: Huffpost)

JAKARTA - Ramadan adalah tanda umat Islam yang akan berjuang melawan godaan dan hawa nafsu mereka selama satu bulan penuh. Allah SWT juga membuka semua pintu amal perbuatan seperti sholat, puasa, tadarus, dan zakat lebih mudah diterima.

Ramadan memang memiliki banyak keistimewaan dibandingkan bulan-bulan lainnya. Bahkan, setan-setan yang berkeliaran mengganggu manusia pun akan dibelenggu di bulan suci ini.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Ketika masuk bulan Ramadhan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup," (HR Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari kanal YouTube Belajar Islam, Sabtu (2/4/2022), berikut 10 jenis setan yang dibelenggu di bulan Ramadan:

1. Zalitun, setan pakar menggoda manusia ke arah sifat membazir dan bakhil.

2. Wathiin, setan yang mendorong manusia untuk berprasangka buruk dan putus asa terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

3. A'awan, setan yang ditugaskan untuk menggoda raja atau pemimpin besar agar bersikap sombong, takabur serta zalim terhadap rakyatnya.

4. Haffah, setan yang menggoda manusia agar meminum arak atau khamr, serta minuman lainnya yang memabukkan.

5. Murrah, setan yang melalaikan manusia dari perintah Allah Subhanahu wa ta'ala menggunakan musik, hiburan, gossip, dan segala benda yang melalaikan.

6. Masuud, setan yang membinasakan manusia melalui kata-kata fitnah, gosip, umpatan, dan apa saja yang muncul dari lidah dan mulut manusia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

7. Daasim, setan yang merusak rumah tangga manusia dan menggoda ke arah zina dan maksiat.

8. Walaahan, setan yang kerap menimbulkan rasa was-was dalam diri manusia, khususnya ketika berwudhu, shalat, dan mengganggu ibadah umat Muslim lainnya.

9. Lakhuus, setan yang menyesatkan akidah manusia dengan menyembah api, berhala, binatang, dan lain-lain.

10. Raja iblis alias iblis laknatullah itu sendiri, pimpinan tertinggi dari semua setan dan jin.

Itulah 10 jenis setan yang dibelenggu saat bulan Ramadan. Mereka akan dicampakkan dalam lubang yang paling gelap dan dalam di lautan.

Para setan itu ibarat kerabat raja iblis berdarah tulen dan mempunyai kedudukan hirarki tertinggi dalam sistem pemerintahan Iblis.

Setan-setan itu diberi umur panjang, sehingga akhirat dan dibawah mereka ada tentara jin dan setan yang bertugas untuk menyesatkan manusia.

Bila mereka dirantai, anak buahnya memang masih bisa bebas di bulan puasa, tetapi hilang arah dan tujuan seketika karena tak ada sang ketua.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini