Share

Perbedaan Sedekah dan Amal Jariyah

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 330 2578092 perbedaan-sedekah-dan-amal-jariyah-Et5HKO6CyD.jpg Ilustrasi perbedaan sedekah dan amal jariyah. (Foto: Daarul Quran)

ISLAM bukan hanya memuat ajaran-ajaran yang bersifat keibadahan (ubudiyah). Islam juga mengajarkan umatnya untuk melakukan ibadah-ibadah yang memberikan manfaat sosial. Contoh ibadah yang dianjurkan oleh Islam dan berdampak sosial adalah sedekah dan amal jariyah.

Secara sederhana, sedekah identik dengan memberikan sebagian harta. Tidak berbeda jauh dengan sedekah, amal jariyah sering dimengerti sebagai mendermakan sesuatu yang dapat bermanfaat dalam jangka waktu lama dan memberikan pahala yang langgeng.

Baca juga: Niat Mandi Puasa Ramadan Lengkap Bacaan Arab hingga Keutamaannya 

Perbedaan sedekah dan amal jariyah yang dipahami selama ini oleh sebagian umat Islam, khususnya di Indonesia, terletak pada kebermanfaatan barang yang didermakan dan pahala yang didapat. Amal jariyah biasanya dimengerti sebagai amal yang pahalanya langgeng, sedangkan sedekah tidak. Begitu selama ini dipahami. Namun, benarkah begitu?

Dalam Islam, sedekah terdiri dari tiga kategori:

1. Sedekah materi

2. Sedekah nonmateri

3. Sedekah jariyah

Sedekah materi adalah sebuah amal atau perbuatan yang mendermakan sebagian hartanya dalam bentuk materi. Sedekah materi inilah yang selama ini dipahami oleh umat Islam, khususnya di Indonesia.

Beberapa contoh sedekah jenis ini seperti mendermakan uang kepada orang yang membutuhkan, menyediakan makanan dan minuman untuk orang yang berpuasa, dan sebagainya. Jika umat Islam ditanya tentang pengertian sedekah, maka jawabannya pasti adalah jenis sedekah materi ini.

Ada juga sedekah dalam bentuk nonmateri. Sedekah ini tidak mengharuskan umat Islam untuk mendermakan sebagian harta-benda miliknya sebagaimana di atas. Sedekah jenis ini bisa dalam bentuk pemikiran, perbuatan, ajakan, dan sebagainya.

Baca juga: Apakah Suntik Vaksin Membatalkan Puasa Ramadan? 

Hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sekiranya dapat memperjelas jenis sedekah ini. Nabi Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Dari Abi Dzar, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah." (HR At-Tirmidzi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terakhir adalah sedekah jariyah. Sedekah jenis ini didefinisikan sebagai sedekah yang pahalanya langgeng karena sesuatu yang disedekahkan memiliki manfaat dalam jangka waktu panjang. Selama hal yang disedekahkan itu bermanfaat, maka pahalanya akan terus sampai kepada sang pemberi sedekah.

Contohnya adalah mendermakan mobil ambulans. Selama mobil itu masih digunakan dan bermanfaat, maka sang pemberi akan terus mendapatkan pahala.

Baca juga: Apakah Tidurnya Orang yang Puasa Ramadan Benar-Benar Berpahala? 

Sedekah jenis inilah yang dipahami umat Islam selama ini sebagai amal jariyah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwasannya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Jika manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya." (HR At-Tirmidzi)

Baca juga: Catat! 4 Hal Ini Wajib Dijaga Supaya Puasa Ramadan Tidak Sia-Sia 

Dari sini dapat diambil kesimpulan mengenai perbedaan sedekah dan amal jariyah. Sedekah adalah perbuatan mendermakan sesuatu, bisa dalam bentuk materi maupun nonmateri. Sedekah ada yang pahalanya tidak langgeng, ada juga yang langgeng. Sedekah yang pahalanya langgeng ini disebut sebagai sedekah jariyah atau amal jariyah. Jadi, amal jariyah atau sedekah jariyah adalah salah satu jenis sedekah.

Wallahu a'lam bishawab.

Oleh: KH Ahmad Kosasih M.Ag

Pimpinan Dewan Syariah Daarul Qur'an

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini