Share

Kisah Muslim Palestina 4 Jam Terjebak di Dome of the Rock Al Aqsa Akibat Gempuran Israel

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 614 2581942 kisah-muslim-palestina-4-jam-terjebak-di-dome-of-the-rock-al-aqsa-akibat-gempuran-israel-yoQtX6fN0e.jpg Ilustrasi Dome of the Rock di Kompleks Masjid Al Aqsa Palestina. (Foto: Unsplash)

SERANGAN tentara zionis Israel terhadap jamaah Muslim Palestina di Kompleks Masjid Al Aqsa kembali terjadi. Peristiwa ini membuat pilu dan duka bagi umat Islam dunia, terlebih lagi mereka diserang saat melakukan ibadah bulan Ramadan pada Ahad 17 April 2022.

Di aula kiblat berkubah perak, tentara zionis Israel menembakkan gas air mata ke jamaah dan memblokir mereka di dalam ruangan selama hampir 4 jam lamanya. Puluhan orang terjebak di dalam dan tidak dapat mengevakuasi mereka yang mengalami luka-luka.

Baca juga: Viral 2 Muslim Palestina Tidak Goyah Beribadah di Masjid Al Aqsa meski Diserang Tentara Israel 

Orang-orang yang terjebak di dalam Aula Qibli memohon bantuan menggunakan pengeras suara, mendesak warga Palestina untuk datang dan melindungi Masjid Al Aqsa. Pasukan Israel dilaporkan coba mengakses ruang audio untuk mematikan sistem suara yang kemudian diperbaiki oleh sukarelawan masjid.

Di dalam aula Dome of the Rock atau Kubah Shakhrah di tengah Kompleks Masjid Al Aqsa, jamaah wanita juga ditahan dan tidak diizinkan keluar dengan cara yang sama.

Baca juga: Kisah Muslim Palestina Lindungi Masjid Al Aqsa dari Serangan Gas Air Mata Tentara Israel 

"Kami ingin pergi ke luar untuk melindungi Al Aqsa, tetapi polisi menutup pintu untuk kami," kata Sahar Natsha, seorang wanita Palestina yang terperangkap di dalam Dome of the Rock selama 4 jam, seperti dikutip dari Middle East Eye.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, penjaga masjid juga mengatakan kepada jamaah untuk tidak membuka pintu dan berusaha pergi, karena khawatir tentara zionis Israel menembakkan granat yang dapat membakar karpet.

"Kami merasa hancur dan marah," tambahnya, "Tapi pada akhirnya kami juga senang bahwa kami hadir. Jika kami meninggalkan ruang sholat, polisi akan memaksa kami keluar dari masjid. Kami memutuskan untuk tetap teguh melindunginya."

Baca juga: Viral 2 Muslim Palestina Tidak Goyah Beribadah di Masjid Al Aqsa meski Diserang Tentara Israel 

Sementara itu, ratusan orang Israel yang dilindungi oleh pasukan bersenjata lengkap terus-menerus menyerbu halaman masjid dalam kelompok yang berbeda selama penyerangan.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini