Share

Kasus Tri Suaka dan Zinidin Zidan, Ustadz Ainul Yaqin: Jadi Peringatan Muhasabah Diri

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 330 2585803 kasus-tri-suaka-dan-zinidin-zidan-ustadz-ainul-yaqin-jadi-peringatan-muhasabah-diri-PARTm6Okbt.jpg Tri Suaka dan Zinidin Zidan. (Foto: Instagram)

MENDADAK heboh perseteruan antara Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang diduga memarodikan Andika Kangen Band. Hal ini pun terus berlanjut hingga terdapat aksi gugatan.

Melihat fenomena ini, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin menjelaskan baiknya masyarakat berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terlebih lagi kasus yang dialami Tri Suaka dan Zinidin Zidan mulanya niat becanda tapi kini menjadi petaka.

Baca juga: Artis-Artis Bollywood yang Rayakan Idul Fitri, Nomor 4 Pernah Kunjungi Istiqlal 

Andika Kangen Band. (Foto: Instagram)

Maka itu, Ustadz Ainul Yaqin mengingatkan sifat sombong yang terkadang muncul dalam diri manusia justru akan membawa celaka sendiri. Maka baiknya bermuhasabah diri agar terhindar dari sifat tersebut.

"Sifat sombong terkadang tanpa kita sadari hadir dalam perilaku kita, yang kita tidak sadar menjangkiti kita, indikasinya adalah meremehkan orang lain, menolak kebenaran," ujar Ustadz Ainul Yaqin dalam keterangannya kepada MNC Portal, Selasa 26 April 2022.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Pejabat Mata Duitan, Suap Isi Kotoran Sapi pun Diambil! 

Sombong sendiri merupakan penyakit hati yang harus dihindari. Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala pun tidak menyukai hal tersebut, karena tidak ada satu pun manusia yang bisa bersifat sombong dalam keadaan yang tengah dijalankannya.

"Dan jika Allah tidak menyukainya maka tidak akan lama, sesuatu yang dibanggakan atau yang bikin dia sombong akan dilenyapkan Allah dengan berbagai jalan yang dia tidak akan sangka-sangka," terang Ustadz Ainul Yaqin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ

Artinya: "Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS Luqman: 18)

Oleh karena itu, ada baiknya masalah yang dialami oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan ini dapat dimaafkan oleh yang merasa tersinggung. Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala sendiri merupakan Maha Pemaaf dari segala dosa-dosa hamba-Nya.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Sholat di Indonesia Hari Ini Rabu 27 April 2022M/25 Ramadan 1443H 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: "(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan." (QS Ali Imran: 134)

"Belajarlah memaafkan kesalahan orang lain, terlebih jika Tri Suaka dan Zidan sudah meminta maaf dengan kesungguhan hati, biarlah menjadi pelajaran kita semua bahwa akhlak, etika, attitude adalah utama sebagai seorang Muslim, sebab Allah maha memaafkan, jangan diperpanjang tidak ada manfaatnya bagi sesama Muslim," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini