Share

Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 5 tentang Petunjuk dari Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 614 2592411 tafsir-surat-al-baqarah-ayat-5-tentang-petunjuk-dari-allah-ta-ala-ai7H5LjZKL.jpg Ilustrasi tafsir Surat Al Baqarah Ayat 5. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 5 menjelaskan tentang petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Perlu diketahui, Surat Al Baqarah memiliki 286 ayat yang diturunkan di Kota Madinah.

Sebagian besar Surat Al Baqarah diturunkan pada permulaan tahun Hijriah, kecuali ayat 281 diturunkan di Mina pada Haji wada' (haji perpisahan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam).

Dalam Surat Al Baqarah terdapat beberapa ayat pertama yang membahas tentang tiga golongan manusia dalam menghadapi Al-Qur’an.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 5 surah Al Baqarah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Arab-Latin:

Ulā`ika 'alā hudam mir rabbihim wa ulā`ika humul-mufliḥụn

Artinya:

Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pada ayat ini membahas tentang petunjuk dari Allah untuk umatnya yang beruntung. Orang-orang beruntung tersebut merupakan orang-orang yang menaati semua perintah dan larangan Allah. Adapun isi tafsir kementerian Agama Republik Indonesia (kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ sebagai berikut:

Beriman kepada adanya hari akhirat. "Akhirat" lawan dari "dunia". Akhirat adalah tempat manusia berada setelah dunia ini lenyap. "Beriman akan adanya akhirat" adalah benar-benar percaya adanya hidup yang kedua setelah dunia ini berakhir. Orang-orang yang mempunyai sifat yang lima di atas adalah orang-orang yang mendapat petunjuk dan bimbingan Allah dan merekalah orang-orang yang akan merasakan hasil iman dan amal mereka di akhirat nanti, mereka memperoleh keridaan Allah dan tempat tinggal mereka di akhirat adalah di surga yang penuh kenikmatan. Di dalamnya mereka menikmati kebahagiaan yang abadi.

Demikianlah isi kandungan Surat Al Baqarah Ayat 5 dalam Alquran. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini