Share

Surat Ali Imran Ayat 191: Orang-Orang Berakal yang Mengingat Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 330 2595743 surat-ali-imran-ayat-191-orang-orang-berakal-yang-mengingat-allah-ta-ala-jXxvCbdqx8.jpg Ilustrasi tafsir Surat Ali Imran Ayat 191. (Foto: Freepik)

SURAT Ali Imran Ayat 191 menerangkan tentang orang-orang berakal yang mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala. Surat Ali Imran berada di urutan ketiga dalam kitab suci Alquran yang juga diberi nama Al Zahrawain (الزَّهراوين) bersama Surat Al Baqarah yang artinya "Dua yang Cemerlang".

Surat Ali Imran termasuk golongan Madaniyah yang terdiri dari 200 ayat tidak hanya membahas tentang keluarga Imran namun juga berkaitan dengan delegasi Najran. Selain itu, surah ini juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang faedah selalu mengingat Allah SWT dan merenungkan ciptaannya yang terdapat pada ayat 190 hingga 195.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 191 surah Ali Imran? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab-Latin:

inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri la`āyātil li`ulil-albāb

Artinya :

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan tentang orang-orang berakal yang senantiasa mengingat Allah dan ciptaan-Nya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir kemenag RI:

Orang-orang berakal yaitu orang-orang yang senantiasa memikirkan ciptaan Allah, merenungkan keindahan ciptaan-Nya, kemudian dapat mengambil manfaat dari ayat-ayat kauniyah yang terbentang di jagad raya ini, seraya berzikir kepada Allah dengan hati, lisan, dan anggota tubuh.

Mereka mengingat Allah sambil berdiri dan berjalan dengan melakukan aktivitas kehidupan. Mereka berdzikir kepada-Nya seraya duduk di majelis-majelis zikir atau masjid, atau berzikir kepada-Nya dalam keadaan berbaring menjelang tidur dan saat istirahat setelah beraktivitas, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi sebagai bukti kekuasaan Allah yang Maha Agung seraya berkata," Ya Tuhan kami! Kami bersaksi bahwa tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia melainkan mempunyai hikmah dan tujuan di balik ciptaan itu semua.

Maha Suci Engkau, kami bersaksi tiada sekutu bagi-Mu. Kami mohon kiranya Engkau melimpahkan taufik agar kami mampu beramal saleh dalam rangka menjalankan perintah-Mu, dan lindungilah kami dari murka-Mu sehingga kami selamat dari azab neraka.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 191. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini