Share

Surat Ali Imran Ayat 77: Orang-Orang yang Berkhianat kepada Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 330 2597475 surat-ali-imran-ayat-77-orang-orang-yang-berkhianat-kepada-allah-ta-ala-zn7sL59AN2.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 77. (Foto: Abdulmelik Aldawsari/Pexels)

SURAT Ali Imran Ayat 77 menjelaskan tentang orang-orang yang berkhianat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Surat Ali Imran merupakan surat ketiga dalam Alquran dan termasuk golongan Madaniyah atau turun di Kota Madinah.

Surat Ali Imran terdiri dari 200 ayat dan tidak hanya membahas tentang keesaan serta kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala, tapi juga membahas berbagai pengajaran dalam setiap ayatnya. Salah satunya adalah keburukan-keburukan orang Yahudi yang terdapat dalam ayat 75 hingga 78.

Lantas, bagaimana isi kandungan pada ayat 77 Surat Ali Imran? Berikut penjelasan lengkapnya.

اِنَّ الَّذِيْنَ يَشْتَرُوْنَ بِعَهْدِ اللّٰهِ وَاَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا قَلِيْلًا اُولٰۤىِٕكَ لَا خَلَاقَ لَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللّٰهُ وَلَا يَنْظُرُ اِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَلَا يُزَكِّيْهِمْ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Arab-Latin:

Innallażīna yasytarụna bi'ahdillāhi wa aimānihim ṡamanang qalīlan ulā`ika lā khalāqa lahum fil-ākhirati wa lā yukallimuhumullāhu wa lā yanẓuru ilaihim yaumal-qiyāmati wa lā yuzakkīhim wa lahum 'ażābun alīm

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang memperjualbelikan janji Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga murah, mereka itu tidak memperoleh bagian di akhirat, Allah tidak akan menyapa mereka, tidak akan memperhatikan mereka pada hari Kiamat, dan tidak akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan tentang orang-orang yang berkhianat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Kemenag RI:

Ayat ini mengancam kepada siapa saja yang berkhianat, dan menukarnya dengan hal-hal yang bersifat duniawi yang tidak ada nilainya di hadapan Allah.

Sesungguhnya orang-orang yang memperjualbelikan atau menukar janji yang dikuatkan dengan nama Allah untuk ditepati, dan sumpah-sumpah mereka dengan hal-hal yang bersifat duniawi; itu sama saja mereka menukarnya dengan harga murah atau nilai yang rendah dibanding balasan yang kelak diterimanya di akhirat jika mereka jujur, mereka justru tidak memperoleh bagian sama sekali di akhirat.

Bukan itu saja, Allah Subhanahu wa ta'ala juga tidak akan menyapa mereka, tidak akan memperhatikan mereka dengan pandangan rahmat pada hari kiamat, dan tidak akan menyucikan atau mengampuni dosa-dosa mereka. Bagi mereka azab yang pedih di neraka, dan mereka kekal di dalamnya.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 77. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini