Share

Surat Al Baqarah Ayat 12: Balasan untuk Pelaku Kerusakan di Muka Bumi

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 330 2598401 surat-al-baqarah-ayat-12-balasan-untuk-pelaku-kerusakan-di-muka-bumi-yqyllH9QC3.jpg Ilustrasi Surat Al Baqarah Ayat 12. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 12 memperlihatkan bagaimana kisah seorang perusak yang enggan menyadarinya. Berikut ini isi ayat yang membahas tentang hal tersebut.

أَلَآ إِنَّهُمْ هُمُ ٱلْمُفْسِدُونَ وَلَٰكِن لَّا يَشْعُرُونَ

Artinya: Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di dalam Tafsir as-Sa'di menjelaskan soal Surat Al Baqarah ayat 12: sesungguhnya orang-orang yang berbuat kerusakan dengan cara menipu Allah dan para RasulNya,

Mereka malah menyebut mencintai Allah. Para perusak itu berdalih bahwa apa yang mereka lakukan merupakan bentuk perbaikan.

Sesungguhnya perbuatan maksiat yang mereka lakukan antara lain perusakan karena menjadi penyebab dari kerusakan segala hal yang ada di atas muka bumi berupa biji-bijian, buah-buahan, pepohonan, dan tumbuh-tumbuhan, dimana terjadi kerusakan yang disebabkan oleh kemaksiatan, dan juga karena perbaikan di muka bumi adalah dengan memakmurkannya dengan ketaatan kepada Allah dan beriman kepadaNya.

Nikmat yang Allah berikan kepada hambaNya adalah agar dimanfaatkan dalam hal ketaatan. Bukan sebaliknya malah bermaksiat kepada Allah. Tindakan maksiat itu yang dianggap sebagai bagian perusakan dan penghancuran bagi dirinya sendiri.

Sementara itu, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi dalam tafsir Aisarut Tafasir memiliki m akna kata : لَّا يَشۡعُرُونَ Laa yasy’uruun : Artinya Tidak mengetahui dan tidak menyadari.

Maksudnya adalah Allah Ta’ala membantah anggapan mereka dan menjelaskan bahwa merekalah sejatinya yang berbuat kerusakan, bukan orang-orang mukmin yang menegur mereka. Akan tetapi orang munafik tidak menyadari disebabkan karena kekufuran sudah menguasai hati mereka.

Adapun hikmah yang dapat diambil dari ayat tersebut adalah membuat perbaikan di muka bumi dilakukan dengan cara beramal dalam ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan rasul-Nya. Namun jika Anda berbuat kerusakan di muka bumi adalah dengan bermaksiat kepada Allah Ta'ala dan rasul-Nya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sedangkan menurut Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI, orang-orang perusak itu melakukan cara keji seperti memfitnah, dan kerap memacu agar terjadi konflik. Kerusakan itu kan makin parah saat mereka dengan bangga menyepelekan akibat buruk dari kemunafikan.

Allah Subhanahu wa ta'ala membantah kesombongan mereka dengan mengingatkan orang-orang mukmin, ingatlah, sesungguhnya hanya mereka itulah orang-orang yang kurang akal dan bodoh, tetapi mereka tidak tahu dan tidak sadar bahwa kebodohan dan sifat kurang akal itu ada dalam diri mereka, dan mereka juga tidak menyadari kesesatan mereka itu.

Demikian penjelasan terkait Surat Al Baqarah Ayat 12, semoga semua Muslim tidak termasuk manusia perusak. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini