Share

Urutan Dzikir Setelah Sholat Tahajud, Ampuh Tenangkan Hati!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 616 2598278 urutan-dzikir-setelah-sholat-tahajud-ampuh-tenangkan-hati-1gfsXGXn6O.jpg Ilustrasi urutan dzikir setelah sholat tahajud. (Foto: Shutterstock)

URUTAN dzikir setelah sholat tahajud hendaknya diketahui secara jelas agar tidak salah melakukannya. Dzikir setelah selesai sholat tahajud serta witir yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menjadi tuntunan untuk mengamalkan ibadah sunah.

Sesungguhnya sepertiga malam terakhir termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebab, Allah Ta'ala menjanjikan akan mengabulkan doa di waktu tersebut.

Dzikir berasal dari kosakata Bahasa Arab yang berarti mengingat. Setiap waktu, manusia khususnya umat islam dianjurkan untuk membiasakan berdzikir, mengingat kebesaran Allah Subhanahu wa ta'ala, atau yang kerap disebut dengan dzikrullah.

Dalam hal urutan dzikir setelah sholat tahajud sangat penting. Ada dua jenis dzikir yakni dzikir jahr (mengeluarkan suara) dan dzikir khofi (dzikir di dalam hati). Dzikir jahr berfungsi untuk menguatkan dzikir khofi. Sehingga konsentrasi pada saat berdzikir tetap terjaga.

Aktivitas berdzikir ini menjadi sangat penting karena bisa dijadikan metode untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ู ุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูƒูู„ูŽู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ุญููŠู†ูŽ ูŠูŽุจู’ู‚ูŽู‰ ุซูู„ูุซู ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ุงู„ุขุฎูุฑู ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุฏู’ุนููˆู†ููŠุŒ ููŽุฃูŽุณู’ุชูŽุฌููŠุจูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูู†ููŠ ููŽุฃูุนู’ุทููŠูŽู‡ูุŒ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูู†ููŠ ููŽุฃูŽุบู’ููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู

โ€œAllah Subhanahu wa Taโ€™ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.โ€ (HR. Bukhari 1145, Muslim 758, Abu Daud 1315, dan yang lainnya)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berikut urutan dzikir setelah sholat tahajud, sebagaimana telah Okezone rangkum:

Tasbih: Subhanallah (ุณุจุญุงู† ุงู„ู„ู‡), artinya Maha Suci Allah.

Tahmid: Alhamdulillah (ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡), artinya Segala Puji Bagi Allah.

Takbir: Allahu Akbar (ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ), artinya Allah Maha Besar.

Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya, aku mohon ampun kepada Allah.

Istighfar panjang: Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih." Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya."

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini