Share

Surat Ali Imran Ayat 9: Berkumpulnya Manusia pada Hari Kiamat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 330 2599409 surat-ali-imran-ayat-9-berkumpulnya-manusia-pada-hari-kiamat-hKkLyNhFdC.jpg Ilustrasi tafsir Surat Ali Imran Ayat 9. (Foto: Shutterstock)

SURAT Ali Imran Ayat 9 menerangkan tentang datangnya hari kiamat. Hari itu pasti akan terjadi serta Allah Subhanahu wa ta'ala tidak pernah ingkar janji seperti yang telah dijelaskan di dalam ayat-ayat suci Alquran.

رَبَّنَاۤ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوۡمٍ لَّا رَيۡبَ فِيۡهِؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُخۡلِفُ الۡمِيۡعَادَ

Rabbanaaa innaka jaami 'un-naasi li Yawmil laa raibafeeh; innal laaha laa yukhliful mee'aad

Artinya: "Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya." Sungguh, Allah tidak menyalahi janji.

Tafsir

Dalam doa orang-orang yang ilmu pengetahuannya telah mendalam itu tergambar pula keyakinan mereka, yaitu mereka meyakini kedatangan hari kiamat, dan setelah itu Allah mengumpulkan seluruh makhluk-Nya untuk diperhitungkan segala amal perbuatannya yang telah mereka perbuat selama mereka hidup di dunia. Mereka yakin bahwa pada hari itu Allah membalas amal baik dengan pahala yang berlipat ganda, dan membalas semua perbuatan dosa dengan azab yang setimpal.

Kedatangan hari akhirat dan pengumpulan makhluk pada hari itu, merupakan janji Allah kepada manusia. Orang-orang yang ilmu pengetahuannya mendalam, yakin benar bahwa Allah pasti menepati janji-Nya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sedangkan Tafsir QS. Ali Imran (3) : 9. Oleh Muhammad Quraish Shihab:

Ya Tuhan kami, Engkau mengumpulkan manusia pada hari yang kedatangannya pasti, untuk memberi pembalasan kepada setiap orang sesuai amal dan usahanya. Engkau telah menjanjikan itu.Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji.

Lalu, Tafsir Muyassar oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu Asy-Syaikh:

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mengakui dan bersaksi bahwa Engkau akan mengumpulkan manusia di suatu hari yang tidak diragukan, yaitu hari Kiamat. Karena sesungguhnya Engkau tidak menyelisihi janji kepada para hamba-Mu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof Dr Wahbah az-Zuhaili

Pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah 9. Wahai Tuhan Kami, Sesungguhnya Engkau akan mengumpulkan, membangkitkan, dan menghidupkan manusia untuk dibalas pada hari dimana tiada keraguan di dalamnya, yaitu hari kiamat. Sesungguhnya Allah tidak akan mengingkari janji-Nya untuk membangkitkan dan menghisab.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini