Share

Surat Ali Imran Ayat 26: Allah Muliakan atau Hinakan Siapa pun yang Dikehendaki-Nya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 330 2599523 surat-ali-imran-ayat-26-allah-muliakan-atau-hinakan-siapa-pun-yang-dikehendaki-nya-mkuv05Uspp.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 26. (Foto: Unsplash)

SURAT Ali Imran Ayat 26 dalam kitab suci Alquran memiliki kandungan ayat untuk mengingatkan kepada manusia tentang kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Ayat ini diturunkan guna menyadarkan manusia bahwa semua yang dimiliki tidak akan kekal.

Ayat ini memberikan gambaran bahwa segala urusan mengenai kekuasaan atau pemerintahan yang diberikan kepada manusia, pada dasarnya hanyalah sebuah titipan yang bisa hilang kapan saja sesuai kehedanak Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana diketahui, semua yang ada di bumi dan kehidupan ini adalah milik Allah Ta'ala dan semua akan kembali kepada-Nya.

Berikut adalah arti dan isi tafsir dari Surat Ali Imran Ayat 26.

Surat Ali Imran Ayat 26

قُلِ اللهم مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), 'Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu'." (QS Ali Imran: 26)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Ayat

Berikut adalah tafsir ringkas mengenai ayat 26 Surat Ali Imran menurut Kementerian Agama Republik Indonesia yang Okezone lansir dari laman quran.kemenag.go.id.

Setelah ayat-ayat sebelumnya menjelaskan tentang ketidakmampuan seseorang untuk menghindar dari keniscayaan hari akhir sebagai hari pembalasan, hari tersingkapnya rahasia, hari terkuaknya segala kebohongan, maka ayat berikut menjelaskan tentang kemahakuasaan Allah yang lain di dunia.

Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, "Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak seorang pun mampu mengangkat derajat orang lain dan memuliakannya kecuali atas izin-Nya, dan tidak seorang pun mampu menjatuhkan kekuasaan orang lain dan menghinakannya kecuali atas izin-Nya.

Demikian arti ayat dan isi tafsir Surat Ali Imran Ayat 26. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini