Share

Surat Al Maidah Ayat 16: Petunjuk bagi Orang yang Mengikuti Jalan Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 614 2600209 surat-al-maidah-ayat-16-petunjuk-bagi-orang-yang-mengikuti-jalan-allah-ta-ala-RxRKCFa3bm.jpg Ilustrasi Alquran Surat Al Maidah Ayat 16. (Foto: Istimewa/Saudigazette)

SURAT Al Maidah Ayat 16 mengungkap petunjuk bagi orang-orang yang mengikuti jalan diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala. Surat Al Maidah termasuk golongan Madaniyah, meskipun ada ayat-ayatnya yang turun di Kota Makkah.

Pasalnya, ayat-ayat Surat Al Maidah yang turun di Makkah itu terjadi sesudah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam hijrah ke Madinah, yakni sewaktu peristiwa Haji Wada'.

Surat Al Maidah juga disebut Al-Uqud (perjanjian), lantaran kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, dimana Allah menyuruh agar hamba-hambaNya memenuhi janji terhadap Allah maupun perjanjian-perjanjian yang dibuat terhadap sesamanya. Salah satunya yang terdapat pada ayat 12 hingga 19 mengenai pengingkaran janji prasetia oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 16 surah Al Maidah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

يَّهْدِيْ بِهِ اللّٰهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهٗ سُبُلَ السَّلٰمِ وَيُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ بِاِذْنِهٖ وَيَهْدِيْهِمْ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ

Arab Latin:

Yahdī bihillāhu manittaba'a riḍwānahụ subulas-salāmi wa yukhrijuhum minaẓ-ẓulumāti ilan-nụri bi`iżnihī wa yahdīhim ilā ṣirāṭim mustaqīm.

Terjemahan:

Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa Allah menegaskan petunjuk jalan keselamatan bagi orang-orang beriman.

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir kemenag RI:

Dalam ayat ini Allah menyatakan sekali lagi bahwa jalan keselamatan bagi orang-orang yang beriman yakni dengan mengikuti petunjuk dan tuntunan kitab suci Al-Qur'an.

Dengan Al-Qur’an, Allah memberi petunjuk kepada orang yang dengan sungguh-sungguh mengikuti keridhaan-Nya, mengantarkan ke jalan keselamatan, yaitu dengan beriman kepada-Nya.

Adanya Al-Qur’an pula Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita, yaitu kegelapan kufur kepada Allah dan mengantarkan kepada cahaya, yaitu iman kepada Allah dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus, jalan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Demikian isi kandungan Surat Al Maidah Ayat 16. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini