Share

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 2: Penegasan Keesaan Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 614 2600597 tafsir-surat-ali-imran-ayat-2-penegasan-keesaan-allah-ta-ala-hFlAzXA8Lb.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 2. (Foto: Tayeb Mezahdia/Pexels)

SURAT Ali Imran Ayat 2 menjelaskan tentang keesaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Surah Ali Imran adalah surat ketiga dalam kitab suci Alquran yang memiliki 200 ayat dan terbagi menjadi juz 3 serta 4.

Dinamakan Surat Ali Imran karena memuat kisah Keluarga Imran yang disebutkan kelahiran Nabi Isa Alaihissallam, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran.

Selain itu, bersama dengan Surat Al Baqarah, Surat Ali Imran juga dinamakan Az-Zahrawan (Dua yang Cemerlang) karena menyingkap hal-hal yang menurut Alquran disembunyikan oleh para ahli kitab, seperti kejadian kelahiran Nabi Isa Alaihissallam dan kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Surat Ali Imran yang turun di Kota Madinah ini selain membahas Keluarga Imran juga tentang berbagai pengajaran dalam setiap ayatnya. Salah satunya yang masuk tema keesaan dan kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala salah satunya tentang Alquran dan kitab-kitab sebelumnya yang terdapat dalam ayat 1 hingga 9.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 2 surah Ali Imran? Simak penjelasan berikut ini.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ

Arab-Latin:

Allāhu lā ilāha illā huwal-ḥayyul-qayyụm

Artinya:

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya).

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa keesaan Allah Subhanahu wa ta'ala, tiada Tuhan yang boleh disembah melainkan Allah Ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Kemenag RI:

Dialah Allah, tidak ada tuhan yang pantas disembah selain Dia, Yang Maha Hidup dengan segala kesempurnaan yang sesuai dengan keagungan-Nya, Yang terus-menerus secara sempurna dan berkesinambungan mengurus dan memenuhi kebutuhan makhluk-Nya.

Sehingga ayat ini menegaskan bahwa Tuhan yang berhak disembah tidak lain hanyalah Allah SWT Yang hidup kekal, terus menerus mengatur dan menjaga makhluk-Nya

Demikian tafsir Surat Ali Imran Ayat 2 tentang penegasan keesaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini