Share

Simak! Ini Arti Mimpi Naik Haji dan Ibadah di Tanah Suci

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 614 2603651 simak-ini-arti-mimpi-naik-haji-dan-ibadah-di-tanah-suci-Yl3xaRFjAe.jpg Ilustrasi arti mimpi naik haji dan ibadah di Tanah Suci. (Foto: Reuters)

APA arti mimpi naik haji dan ibadah di Tanah Suci? Hal ini ternyata ditanyakan banyak orang. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini dari para ulama.

Menunaikan ibadah haji merupakan urutan kelima dalam Rukun Islam. Oleh karena itu, banyak umat Islam sangat memimpikan bisa menyempurnakan Rukun Islam-nya.

Lantas, apa arti mimpi naik haji dan beribadah di Tanah Suci?

Dikutip dari nu.or.id, Ustadz Muhammad Aiz Luthfi menjelaskan tentang arti mimpi naik haji. Ia mengutip pendapat Syekh Muhammad Ibnu Sirrin dalam kitab Mu'jam Tafsirul Ahlam (Beirut: Maktabah As-Shafa, 2008, halaman 283–284) yang menjelaskan sejumlah makna terkandung dalam mimpi ibadah haji dan umrah.

Dalam penjelasannya, ada beberapa kondisi tentang mimpi naik haji tersebut yang bisa memilih makna berbeda-beda.

Baca juga: Gara-Gara Nonton Film Malcolm X, Bule Amerika Ini Mantap Masuk Islam 

Arti Mimpi Naik Haji pada Bulan Haji

1. Sebagai anugerah

Ibadah haji dinisbatkan pada bulan Dzulhijjah. Jika pada musim haji, seseorang bermimpi melaksanakan ibadah haji. Ia akan diberikan anugerah untuk bisa meunaikan ibadah haji walaupun secara perhitungan logika tidak memungkinkan.

"Maka, tidak sedikit dari kalangan menengah ke bawah bisa menunaikan ibadah haji," terangnya.

2. Mimpi naik haji ketika sedang sakit

Jika kondisi sedang sakit dan mimpi naik haji, itu artinya bisa segera sembuh. Apabila sedang terlilit utang bisa segera terlunasi. Jika hati dan pikirannya dalam keadaan cemas maka ia akan selamat dari bahaya.

Baca juga: 4 Potret Hijab Cantik Nabila Ishma yang Terus Mendoakan Kekasihnya Eril Putra Ridwan Kamil 

Arti Mimpi Melakukan Ibadah di Tanah Suci

1. Arti mengelilingi Kakbah (Tawaf)

Jika bermimpi melaksanakan tawaf mengelilingi Kakbah maka artinya akan mendapat sebuah tugas mulia dari atasan atau tokoh masyarakat.

2. Mimpi melihat Hajar Aswad

Apabila seseorang bermimpi melihat Hajar Aswad, maka menunjukkan akan berangkat haji.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Mimpi bacakan kalimat Talbiyah

Saat seseorang bermimpi sedang membacakan kalimat Talbiyah di Tanah Suci, maka ia akan unggul atau menang dari ancaman musuhnya serta akan aman dari ketakutan.

Namun jika seseorang bermimpi membaca kalimat Talbiyah di luar Tanah Haram, dia bakal mendapat ketakutan, ancaman, atau bahkan kekalahan.

4. Mimpi wukuf di Arafah

Artinya segera bertemu kerabat dan berdamai dengan musuh. Mengapa demikian? Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala mempersatukan Nabi Adam Alaihissallam dan Hawa di Arafah.

Itulah sejumlah artis mimpi naik haji dan melakukan ibadah di Tanah Suci Makkah. Namun ia mengingatkan bisa saja arti mimpi tersebut benar terjadi di alam nyata atau justru sebaliknya.

"Karena pada hakikatnya Allah punya sifat Jaiz, yaitu Allah berhak mengubah skenario dan nasib seseorang kapan pun sesuai dengan kehendak-Nya," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini