Share

Ustadz Adi Hidayat Ungkap Eril Pernah Tanya soal Air dan Kekuasaan Allah Ta'ala

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 614 2606980 ustadz-adi-hidayat-ungkap-eril-pernah-tanya-soal-air-dan-kekuasaan-allah-ta-ala-vE4YckH49F.jpg Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril putra Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @ataliapr)

USTADZ Adi Hidayat Lc MA mengungkapkan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pernah bertanya kepada dirinya selaku guru agama keluarganya. Pertanyaan itu soal air dan kekusaan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ustadz Adi Hidayat (UAH) mengungkapkan dirinya merupakan guru di keluarga Ridwan Kamil. Seingatnya, Eril merupakan sosok anak yang hebat karena berdedikasi dan berbakti kepada kedua orangtua.

Baca juga: Temui Ridwan Kamil, Ustadz Adi Hidayat: Eril Sosok Berbakti ke Orangtua 

"Dia baik. Sejak usia 11 tahun, dia sudah merenungkan tentang air dan Alquran Surat Hud Ayat 7, Allah menguasai segala yang ada di perairan," ungkap UAH usai menemui Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu 4 Juni 2022, seperti dikutip dari Antara.

Ustadz Adi Hidayat usai bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung. (Foto: Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)

Adapun isi Alquran Surat Hud Ayat 7 adalah sebagai berikut, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۗ وَلَئِنْ قُلْتَ إِنَّكُمْ مَبْعُوثُونَ مِنْ بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُولَنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ هَٰذَا إِلَّا سِحْرٌ مُبِينٌ

Artinya: "Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Makkah): 'Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati', niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: 'Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata'." (QS Hud: 7)

Baca juga: Golongan Orang yang Mati Syahid, Salah Satunya karena Tenggelam 

Selain itu, lanjut UAH, Ridwan Kamil kini sudah ikhlas atas kepergian putranya tersebut. Dengan berkumpulnya keluarga besar, saling menguatkan Ridwan Kamil agar memiliki ketenteraman, kedamaian, dan keyakinan di dalam jiwa.

"Kematian itu sesuatu yang sudah ditetapkan, tidak bisa kita tolak, tapi caranya yang menjadi pembeda," papar Ustadz Adi Hidayat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia pun sempat menerangkan kepada Ridwan Kamil bahwa meski Eril wafat dalam keadaan yang dipandang berbeda, justru menjadi karunia.

"Saya juga menerangkan ayat-ayat, hadis-hadis tentang kemuliaan-kemuliaan orang yang wafat dalam keadaan tenggelam, sehingga lebih memberikan ketenteraman, keyakinan, dan kekuatan," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Baca juga: Baca Dzikir Asmaul Husna untuk Putra Ridwan Kamil, Ary Ginanjar: Aa Eril Tidak Hilang tapi Dipeluk Allah 

UAH juga menganjurkan agar keluarga Ridwan Kamil memperbanyak kisah-kisah baik yang pernah Eril lakukan selama hidup. Hal ini perlu dilakukan untuk menginspirasi banyak orang.

"Karena wafatnya Eril itu luar biasa banyak mengunggah jutaan doa, perhatian banyak orang, dan setiap orang yang meninggal bisa menghadirkan suasana-suasana seperti wafatnya Eril," pungkasnya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini