Share

Ulang Tahun Jakarta, Ini 5 Masjid Unik dan Bersejarah di Ibu Kota yang Wajib Didatangi

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 615 2615853 ulang-tahun-jakarta-ini-5-masjid-unik-dan-bersejarah-di-ibu-kota-yang-wajib-didatangi-7B4QwLZHfI.jpg Masjid Agung At-Tin salah satu masjid unik dan bersejarah di Jakarta. (Foto: Kemenag.go.id)

HARI ini merupakan hari ulang tahun ke-495 DKI Jakarta. Sejumlah hal pun mengingatkan akan ciri khas Ibu Kota. Salah satunya adalah masjid-masjid unik dan bersejarah di sekitaran wilayah Jakarta.

Masjid-masjid unik tersebut sangat menarik dikunjungi kaum Muslimin. Selain unik, juga memiliki nilai sejarah tinggi. Bisa menjadi destinasi wisata religi umat Islam.

Nah, berikut ini lima masjid unik dan bersejarah di DKI Jakarta yang wajib didatangi kaum Muslimin, seperti dikutip dari kanal YouTube Emak Hijaber. Bisa membuat makin semangat beribadah lho.

Baca juga: Kisah Rashad, Bocah Gaza Palestina yang Jadi Hafiz Quran sejak Usia 7 Tahun 

1. Masjid Perahu Baiturrahman

Masjid Perahu Baiturrahman berlokasi di Jalan Kasablanka, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Ini merupakan bangunan yang diambil dari kisah sejarah Nabi Nuh Alaihissallam. Bangunan yang berbentuk perahu ini digunakan sebagai tempat wudu dan toilet.

Masjid Perahu Baiturrahman. (Foto: Okezone)

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Buat Panci Tetangganya Beranak, Gimana Caranya? 

2. Masjid At-Tin

Lokasi Masjid At-Tin berada di Jalan Taman Mini 1 Nomor 3, Pinang Ranti, Jakarta Timur. Masjid At-Tin dibangun pada 1967 dengan desain yang sangat megah. Masjid ini memiliki arsitektur unik dengan ornamen mewah hampir di setiap sudut ruangan. Wah, penasaran kan?

Masjid Agung At-Tin di Jakarta Timur. (Foto: Kemenag.go.id)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid ini berlokasi di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat. Masjid Agung Sunda Kelapa tidak memiliki kubah, beduk, bulan bintang, dan sederet simbol yang biasa terdapat di dalam sebuah masjid. Namun di dalam Masjid Agung Sunda Kelapa ada bangunan mirip perahu sebagai simbol Pelabuhan Sunda Kelapa.

Masjid Agung Sunda Kelapa. (Foto: Okezone)

Baca juga: Zikir Pagi Hari Ini: Melindungi dari Segala Kejahatan saat Ini dan Esok 

4. Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al Azhar berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid megah di Jaksel ini dibangun pada 1953. Bangunan Masjid Agung Al Azhar sangat megah dan unik dengan dua pagar tinggi lengkap dengan lampu kuning di bagian depannya.

Masjid Agung Al Azhar. (Foto: Okezone)

5. Masjid Istiqlal

Lokasi Masjid Istiqlal berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Masjid ini memiliki bangunan yang megah dan berwarna serbaputih. Masjid ini dapat menampung hingga 200 ribu orang.

Baca juga: Simak Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 22 Juni 2022M/22 Dzulqa'dah 1443H 

Masjid Istiqlal. (Foto: Instagram @alivikry)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini