Share

4 Kriteria Pisau yang Layak Dipakai untuk Menyembelih Hewan Kurban, Ada Ukuran Minimalnya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 614 2619612 4-kriteria-pisau-yang-layak-dipakai-untuk-menyembelih-hewan-kurban-ada-ukuran-minimalnya-U1Hi8MnwSH.jpg Ilustrasi kriteria pisau yang layak untuk menyembelih hewan kurban. (Foto: Dok Okezone)

KRITERIA pisau yang layak dipakai untuk menyembelih hewan kurban wajib diketahui kaum Muslimin menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi. Tentunya alat potong berupa pisau, golok, atau semacamnya harus tajam supaya tidak menyiksa hewan kurban.

Dalam proses penyembelihan hewan kurban harus memerhatikan aspek kehalalan dan aspek kesrawan (kesejahteraan hewan) sehingga daging yang dihasilkan memenuhi kriteria halal dan thoyib (baik).

Selain faktor keterampilan juru sembelih, hal lain yang perlu diperhatikan adalah alat untuk menyembelih hewan kurban yakni pisaunya. Berikut ini persayaratan teknis pisau yang digunakan untuk menyembelih hewan kurban, seperti dikutip dari laman Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Banten.

Baca juga: Abu Nawas Diusir dari Kampung, tapi Gampang Pulang Lagi Ditolong Keledainya, Gimana Caranya? 

1. Harus bersih dan antikarat

Pisau atau golok yang digunakan harus bersih dan terbuat dari bahan antikarat (stainless steel). Pasalnya, apabila pisau berkarat dapat menyebabkan pencemaran logam berat pada daging. Papaparan logam pada manusia bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan, seperti gangguan ginjal hingga kanker.

Baca juga: Inspiratif! Ibu Ini Mendidik 11 Anaknya Jadi Penghafal Alquran, Bagikan 5 Tips Jitunya 

2. Ukuran pisau/golok minimal 1,5 kali lebar leher hewan kurban

- Pisau/golok untuk kambing/domba panjang pisau minimal 20 sentimeter

- Pisau/golok untuk sapi/kerbau panjang pisau minimal 30 cm

Diharapkan dengan ukuran tersebut, pisau dapat menjangkau bagian leher hewan sehingga memudahkan untuk menyembelih tiga saluran yang harus terputus sebagai syarat halalnya proses penyembelihan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Bentuk ujung pisau melengkung keluar

Maksud dari bentuk pisau yang melengkung keluar adalah untuk memudahkan jurus sembelih dalam melakukan proses penyembelihan sehingga ujung pisau tidak terbentur lantai.

Baca juga: Apa Status Anak dari Pernikahan Beda Agama? Ini Penjelasan MUI 

Baca juga: Kumpulkan 50 Ahli Falak, Kemenag Sinkronisasi Hisab Taqwim Standar Indonesia 

4. Pisau harus sangat tajam

Pisau yang tajam akan memudahkan proses penyembelihan, tidak memerlukan banyak tenaga, hasil sayatan bekas sembelihan akan halus, sehingga tidak banyak jaringan yang rusak (mengurangi rasa sakit hewan) dan hanya sedikit mengaktivasi faktor pembekuan darah.

Kemudian proses penyembelihan juga dapat berlangsung dengan cepat. Pisau yang tajam akan memudahkan dalam memotong 3 saluran yaitu trachea (tenggorokan/saluran napas), esofagus/kerongkongan, dan pembuluh darah (vena jugularis, arteri carotis communis kanan dan kiri) secara sempurna.

Proses penyembelihan yang sempurna diharapkan dapat mengeluarkan darah secara cepat, deras, dan tuntas.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini