Share

10 Pahala Orang yang Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Didoakan Malaikat Lho!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 330 2623040 10-pahala-orang-yang-berkurban-di-hari-raya-idul-adha-didoakan-malaikat-lho-kkKNxfxp7d.jpg Ilustrasi 10 pahala orang yang berkurban di hari raya Idul Adha. (Foto: Dok Okezone)

KETAHUI 10 pahala orang yang berkurban di hari raya Idul Adha. Dalam perayaan Lebaran Haji ini umat Islam memang berlomba-lomba untuk melakukan ibadah kurban.

Dalam Islam, berkurban adalah al-udhiyah dan adh-dhahiyyah yang berarti hewan sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq. Ini sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Adapun perintah berkurban tercantum dalam kitab suci Alquran Surat Al Kautsar Ayat 2, yakni:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Arab latin: Fa salli lirabbika wan-har

Artinya: "Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah)." (QS Al Kautsar: 2)

Ibadah kurban di 10 Dzulhijjah diketahui memiliki pahala yang sangat besar. Lantas, apa saja 10 pahala orang yang berkurban di hari raya Idul Adha? Simak ulasannya berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Senin 4 Juli 2022M/4 Dzulhijjah 1443H 

1. Derajat akan naik dimulai ketika membeli hewan kurban

Sahabat Ali radhiyallahu anhu mengatakan: "Barang siapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan kurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannya 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat." (Jawahir Zadah)

Ketika sudah berniat dan melakukan perjalanan untuk membeli hewan kurban dan menjauhi kesalahan dalam ibadah kurban. Saat itulah perjalanan pahala dimulai, yakni naik derajatnya.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

2. Amalan yang disukai Allah Ta'ala

"Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

3. Dihapus keburukannya

"Aku memberi pahala kepadanya, setiap bulu dari badan hewan kurbannya 10 kebaikan, dihapus 10 keburukan,serta kunaikkan 10 derajat, baginya setiap rambut menjadi gedung di surga, seorang bidadari yang ayu dan kendaraan bersayap berkecepatan tinggi, ia kendaraan ahli surga." (Zahratul riyadl)

Saat berkurban maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan kebaikan dan menghapus keburukan. Hal itu dihitung dari setiap bulu hewan yang dikurbankan.

4. Menyelamatkan dari bahaya dunia akhirat

"Ingatlah bahwa kurban itu termasuk amal-amal penyelamat yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akhirat." (Zubdatul Wa'idhin)

Untuk orang yang berkurban karena Allah Subhanahu wa ta'ala serta melakukan hal benar mengenai tata cara kurban Idul Adha, maka baginya akan dijauhkan dari bahaya dunia akhirat karena telah melakukan perintah Allah Ta'ala.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini: Membuka Pintu Rezeki Halal yang Melimpah 

5. Mendapat kasih sayang Allah Ta'ala

"Maka sholatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan." (QS Al Kautsar: 2)

Dengan melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dalam rangka untuk menggapai ridho-Nya, tentu akan mendapat kebaikan yang sama dari Allah Subhanahu wa ta'ala, bahkan berlipat kalinya, yakni mendapat kasih sayang dari Allah di dunia dan di akhirat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Menjalankan perintah agama

Syekh Abdullah alu Bassaam mengatakan, "Sebagian ulama ahli tafsir mengatakan: Yang dimaksud dengan menyembelih hewan adalah menyembelih hewan kurban setelah sholat id."

Jika tidak ada yang kurban setelah Sholat Idul Adha, tentu menjadi sebuah pemandangan yang menyedihkan. Sebab, tidak ada yang menjalankan perintah agama. Dengan berkurban maka telah menjalankan perintah agama dan memuliakan Islam.

7. Lebih dekat dengan Allah Ta'ala

"Udh-hiyah adalah hewan ternak yang disembelih pada hari Idul Adha dan hari Tasyriq dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah karena datangnya hari raya tersebut." (Lihat Al Wajiz 405 dan Shahih Fiqih Sunnah II/366)

Jelas bahwa orang yang berkurban dan meniatkan karena Allah Subhanahu wa ta'ala akan dekat dengan Allah, sebab telah menjalankan apa yang Allah perintahkan.

8. Memuliakan syiar Islam

"Pada hari Idul Adha lebih utama daripada sedekah yang senilai atau harga hewan kurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan kurban. Karena maksud terpenting dalam berkurban adalah mendekatkan diri kepada Allah. Di samping itu, menyembelih kurban lebih menampakkan syiar Islam dan lebih sesuai dengan sunah." (Lihat Shahih Fiqh Sunnah 2/379 dan Syarhul Mumthi’ 7/521)

Jelas bahwa dengan berkurban maka telah melakukan syiar Islam dan memuliakan ajaran Islam.

9. Mendapat jalan kebaikan dunia akhirat

"Barang siapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berkurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kami." (HR Ibnu Majah 3123, Al Hakim 7672, dan dihasankan oleh Syekh Al Albani)

Orang yang melakukan kurban dengan niat semata karena Allah Subhanahu wa ta'ala akan mendapat kebaikan dunia akhirat yakni memiliki rezeki yang lebih berkah dan kemudahan ketika di akhirat nanti.

10. Mendapat doa dari malaikat

Setiap pagi Allah Subhanahu wa ta'ala mengutus dua malaikat, yang satu berdoa: "Yaa Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak." Dan yang kedua berdoa: "Yaa Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (pelit)." (HR Al Bukhari nomor 1374 dan Muslim 1010)

Tentu senang jika bisa mendapat doa dari malaikat, karena malaikat selalu dekat dengan Allah Subhanahu wa ta'ala dan kaum Muslimin memiliki kesempatan berada dalam kebaikan berkat doa malaikat tersebut.

Demikian 10 pahala orang yang berkurban di hari raya Idul Adha. Semoga sangat jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini