Share

5 Larangan Bagi yang Mau Berkurban, Salah Satunya Menjual Dagingnya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 330 2623094 5-larangan-bagi-yang-mau-berkurban-salah-satunya-menjual-dagingnya-Lnpmo4ejNx.jpg Ilustrasi larangan bagi yang mau berkurban. (Foto: Dok Okezone)

ADA 5 Larangan bagi yang mau berkurban. Menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha adalah ibadah yang menunjukkan ketaatan umat Islam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebelum berkurban, ada baiknya shohibul qurban mengetahui terlebih dahulu larangan sebelum melaksanakannya. Apa saja? Berikut ini lima di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Senin 4 Juli 2022M/4 Dzulhijjah 1443Hย 

1. Dilarang memotong kuku dan rambut

Kaum Muslimin yang hendak berkurban dilarang melakukan memotong kuku ataupun rambut. Larangan ini berlaku sampai proses penyembelihan selesai dilakukan.

Hal tersebut sesuai hadis yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa bagi orang yang telah memiliki hewan kurban, janganlah melakukan pemotongan kuku dan rambut.

ู…ูŽู† ูƒุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฐูุจุญูŒ ูŠูŽุฐุจูŽู€ุญูู‡ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽู‡ูŽู„ูŽู‘ ู‡ูู„ุงูŽู„ู ุฐูู‰ ุงู„ู’ุญูุฌูŽู‘ุฉู ููŽู„ุงูŽ ูŠูŽุฃู’ุฎูุฐูŽู†ูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุฑูู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุธู’ููŽุงุฑูู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูุถูŽุญูู‘ู‰ูŽ

Artinya: "Barang siapa yang telah memiliki hewan yang hendak dikurbankan, apabila telah masuk tanggal 1 Dzulhijjah, maka janganlah dia memotong sedikit pun bagian dari rambut dan kukunya hingga dia selesai menyembelih."

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

2. Tidak menyebut nama Allah saat menyembelih hewan kurban

Larangan selanjutnya adalah meninggalkan membaca doa saat melakukan proses penyembelihan. Diketahui dalam tata cara dalam penyembelihan, setiap hewan yang disembelih harus diawali dengan menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala.

Apabila orang yang menyembelih meninggalkan tata cara ini, maka hewan tersebut tidak halal untuk dimakan. Maka itu, perlu ada kehati-hatian bagi siapa saja yang akan melakukan penyembelihan. Termasuk orang yang memiliki hewan kurban tersebut dan ingin melakukan penyembelihan sendiri.

Bagi orang yang ingin melakukan penyembelihan hewan sendiri, dapat mengawali dengan membaca Bismillah ataupun nama Allah Subhanahu wa ta'ala lainnya. Sedangkan bagi orang lain yang diberi kesempatan melakukan penyembelihan, bisa menggunakan doa sebagai berikut.

Bismillaahi Wallaahu Akbaru Allahumma Minka Walaka โ€˜an Fulaaninโ€™

"Dengan nama Allah, Allah yang Maha Besar, ya Allah kurban ini dari Engkau dan untuk Engkau dari ... (pemberi kurban)."

Baca juga: 10 Pahala Orang yang Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Didoakan Malaikat Lho!ย 

3. Menyembelih tidak menghadap kiblat

Saat umat Islam akan melakukan penyembelihan hewan kurban secara mandiri, hendaknya juga mengikuti tata cara yang telah ditetapkan. Selain menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala, adab-adab yang perlu diperhatikan adalah menyembelih hewan kurban menghadap kiblat.

Sebab, syariat ini wajib diikuti oleh siapa pun yang akan melaksanakan penyembelihan. Bahkan berdosa orang yang dengan sengaja meninggalkannya. Adapun dalil tata cara menyembelih sebagai berikut.

"Beliau sendiri yang menyembelih hadyu beliau. Beliau jajarkan unta-uhadyu tersebut dalam posisi berdiri dan beliau arahkan ke arah kiblat kemudian beliau memakan sebagian dagingnya dan beliau berikan kepada yang lain." (HR Malik dalam Al Muwatha' nomor 1405)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Menjual daging kurban

Pada hakikatnya hewan yang dikurbankan adalah hak untuk orang yang membutuhkan. Sehingga, orang yang melakukan kurban tidak boleh melakukan penjualan atas daging yang telah dikurbankan.

Akan lebih baik jika setelah penyembelihan dilakukan, daging tersebut dibagikan. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Surat Al Hajj Ayat 28:

ู„ููŠูŽุดู’ู‡ูŽุฏููˆุง ู…ูŽู†ูŽุงููุนูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุฐู’ูƒูุฑููˆุง ุงุณู’ู…ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูููŠ ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ู ู…ูŽุนู’ู„ููˆู…ูŽุงุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุจูŽู‡ููŠู…ูŽุฉู ุงู„ุฃู†ู’ุนูŽุงู…ู ููŽูƒูู„ููˆุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุทู’ุนูู…ููˆุง ุงู„ู’ุจูŽุงุฆูุณูŽ ุงู„ู’ููŽู‚ููŠุฑูŽ

Artinya: "Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir."

Selain Aurat Al Hajj, ada dalil lain yang membahas hal ini dalam sebuah hadis riwayat Al Hakim:

ู…ูŽู†ู’ ุจูŽุงุนูŽ ุฌูู„ู’ุฏูŽ ุฃูุถู’ุญููŠูŽู‘ุชูู‡ู ููŽู„ุงูŽ ุฃูุถู’ุญููŠูŽู‘ุฉูŽ ู„ูŽู‡ู

Artinya: "Barang siapa menjual kulit hasil sembelihan kurban, maka tidak ada kurban baginya."

Dari penjelasan hadis tersebut sangat jelas bahwa hewan yang dikurbankan harus segera dibagikan. Tidak boleh sedikit pun bagian dari tubuh hewan kurban tersebut untuk diperjualbelikan, termasuk kulitnya.

5. Alat sembelih hewan kurban tidak tajam

Alat sembelih hewan kurban harus tajam. Sebab jika alat tersebut tumpul, tentu bisa membuat hewan yang dikurbankan merasakan kesakitan bertubi-tubi.

Pasalnya dalam penyembelihan hewan kurban hal yang tidak diperkenankan adalah adanya unsur menyakiti. Oleh karena itu, orang yang akan melaksanakan penyembelihan wajib menggunakan alat menyembelih yang tajam. Sebagaimana hadis riwayat Imam Muslim:

"Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan cara yang baik. Demikian pula, jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya kalian tajamkan pisau dan kalian buat hewan sembelihan tersebut merasa senang." (HR Muslim nomor 5167)

Demikian 5 larangan bagi yang mau berkurban. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini