Share

Kisah Insinyur Super-Sibuk Jadi Penghafal Alquran, Mampu Khatam 3 Hari Sekali!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 621 2623354 kisah-insinyur-super-sibuk-jadi-penghafal-alquran-mampu-khatam-3-hari-sekali-Hz2OC2KZKI.jpg Ustadz Abdullah Zaen Lc MA menceritakan kisah insinyur super-sibuk jadi penghafal Alquran. (Foto: YouTube Yufid TV)

INILAH kisah insinyur penghafal Alquran yang dapat menjadi inspirasi banyak orang. Kisah ini membuktikan bahwa kesibukan bukan alasan untuk tidak hafiz Quran, karena nyatanya banyak orang sukses yang super-sibuk bisa menjadi penghafal Alquran.

Mulai sopir, dokter, manajer, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan bahkan seorang insinyur. Seperti diceritakan Ustadz Abdullah Zaen Lc MA dalam kanal YouTube Yufid TV. Ia bercerita ada seorang dai di Arab Saudi yang bertemu seorang insinyur saat melakukan perjalanan.

Baca juga: Cerita Haru Muadz Hafiz Tunanetra: Alquran-lah yang Jadi Penolongku di Hari Kiamat 

Setelah berbincang lama, rupanya insinyur itu merupakan seorang hafiz Quran yang hafalannya sangat kuat. Padahal, ia memiliki jadwal yang sangat padat. Merasa penasaran, sang dai pun menanyakan cara menghafal Alquran di tengah kesibukan sang insinyur.

"Saya tidak pernah keluar dari masjid di waktu pagi, kecuali setelah matahari terbit. Saya gunakan waktu itu untuk menghafal, mengulang, hafalan Alquran saya, dan Allah berikan keberkahan pada waktu saya," kisah Ustadz Abdullah Zaen.

Lebih lanjut ia mengatakan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memang secara khusus mendoakan waktu pagi untuk umatnya. Rasulullah bersabda, "Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka." (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah)

"Maka kalau paginya dipakai untuk sesuatu yang bermanfaat, apalagi untuk beribadah, maka sepanjang harinya akan berkah," kata Ustadz Abdullah Zaen.

Sebaliknya, tambah dia, jika langkah awalnya sudah salah, pagi hari digunakan untuk tidur, mengobrol, atau hal-hal lain yang tidak bermanfaat; maka sepanjang hari umat tersebut akan tidak berkah.

Baca juga: Kisah Perjuangan Santri Penghafal Alquran: Demi Memberikan Mahkota untuk Ibu dan Ayah di Akhirat Kelak 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjelaskan pahala untuk orang yang duduk berzikir di masjid, "Barang siapa yang melaksanakan Sholat Subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah. Beliau pun bersabda, 'Pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna'." (HR Tirmidzi nomor 586)

"Kata orang ini (sang insinyur) dengan melakukan cara tersebut maka Allah mudahkan untuk menghafal Alquran," cerita Ustadz Abdullah Zaen.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tidak hanya satu, insinyur itu kembali membeberkan rahasia menghafal Alquran yang selanjutnya. Dikatakan, insinyur tersebut tidak pernah absen sholat berjamaah di masjid dan selalu bergegas ke masjid ketika muazin mengumandangkan azan.

"Hayya Alal Falah, Allah katakan kesuksesan ada di sini, maka sejak itu saya dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk hafal Alquran dan hafalan saya sangat kuat," ujar Ustadz Abdullah Zaen yang melanjutkan kisah sang insinyur.

Baca juga: Viral Bocah Gagap Jadi Lancar ketika Baca Alquran, Netizen: Masya Allah Enak Banget Suaranya! 

Dengan melakukan kebiasaan tersebut, si insinyur itu berhasil menjadi penghafal Alquran, bahkan selalu khatam 3 hari sekali sepanjang tahun. Berbeda lagi jika di bulan Ramadhan, insinyur itu bisa khatam 16 kali dalam sebulan.

Itulah mengapa hafalan sang insinyur sangat kuat, lantaran ia sering murojaah. Bagaimana caranya? Ustadz Abdullah Zaen mengatakan insinyur itu selalu membaca Alquran setiap memiliki waktu luang, misalnya saja ketika lampu merah. Meskipun hanya 1 menit, tapi hal itu tetap berharga dan bermanfaat.

Baca juga: Kisah Ibu Lulusan Amerika Didik Putranya 10 Bulan Jadi Penghafal Quran 

"Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua. Tidak ada yang mustahil selama Allah berkehendak. Jangankan santri, ustadz, insinyur saja bisa," pungkas Ustadz Abdullah Zaen.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini