Share

Kenapa Muharram Disebut Bulan Suci? Ini Alasannya Menurut Dalil-Dalil Sahih

Hantoro, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 330 2639358 kenapa-muharram-disebut-bulan-suci-ini-alasannya-menurut-dalil-dalil-sahih-auwgkOIbnC.jpg Ilustrasi bulan suci Muharram. (Foto: Pixabay)

SAAT ini kaum Muslimin sudah memasuki bulan Muharram 1444 Hijriah. Muharram termasuk satu dari empat bulan suci bersama Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Lantas, kenapa Muharram disebut bulan suci?

Muharram yang menjadi bulan pertama dalam kalender hijriah disebut oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagai Syahrullah atau Bulan Allah. Tentunya bulan Muharram memilki keutamaan yang sangat besar.

Baca juga: Tahun Baru Islam Jangan Lupa Puasa Tasu'a dan Asyura 9-10 Muharram, Ini Keutamaannya 

Info grafis amalan bulan Muharram. (Foto: Okezone)

Dikutip dari Muslim.or.id, zaman dahulu sebelum datangnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, bulan ini bukanlah dinamakan Al-Muharram, tetapi dinamakan bulan Shafar Al-Awwal, sedangkan bulan Shafar dinamakan Shafar Ats-Tsani.

Setelah datangnya Islam kemudian bulan ini dinamakan Al-Muharram. Datangnya bulan ini disebut tahun baru Islam atau ada juga yang mengatakan Suro.

Baca juga: Amalan 1 Muharram 2022, Nomor 5 Doa-Doa yang Penting Dibaca Miliki Pahala Sangat Besar 

Muharram adalah salah satu di antara empat bulan yang digelari dengan Asyhurul Hurum atau bulan-bulan suci. Allah Subhanahu wa ta'ala menjelaskan dalam firman-Nya:

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan, dalam ketetapan Allah. Dia menciptakan langit dan bumi, di antara 4 bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang 4 itu." (QS At-Taubah: 36 )

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:

"Sesungguhnya waktu itu berputar seperti asalnya di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu 12 bulan, dan di antaranya ada 4 bulan suci, tiga secara berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, serta Rajab (menurut perhitungan). Bani Mudhar yang berada di antara Jumada dan Syakban." (HR Bukhari nomor 3025, 4144, 7009; dan Muslim: 1629)

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kiswah Kakbah Pertama Kali Diganti pada 1 Muharram, Perintah Raja Salman 

Baca juga: 4 Adab Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram, Bersyukur hingga Muraqabah 

Beberapa ulama berpendapat bahwasannya, menurut Al Hasan Al Basri, yang paling utama di antara empat bulan suci tersebut adalah Muharram. Menurut As-Sakhawi bahwa Muharram disebut demikian karena bulan ini adalah bulan yang disucikan dari pertumpahan darah dan segala kezaliman.

Inilah dalil-dalil sahih terkait bulan Muharram yang penuh rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala, penuh dengan kemuliaan. Semoga semua senantiasa bersyukur dan memohon yang terbaik kepada Allah Ta'ala agar selalu mendapatkan limpahan rahmat-Nya. Aamiin Allahumma aamiin.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini