Share

Apa Arti Takhbib yang Viral Disebut Suami Tasyi Athasyia?

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 330 2645357 apa-arti-takhbib-yang-viral-disebut-suami-tasyi-athasyia-75GFPEIPlg.jpg Ilustrasi arti takhbib yang viral disebut suami Tasyi Athasyia. (Foto: Freepik)

BEBERAPA waktu terakhir viral istilah takhbib setelah disebut Syech Zaki, suami Tasyi Athasyia, dalam sebuah video klarifikasi di kanal YouTube-nya. Lantas, apa arti takhbib dan bagaimana hukumnya menurut syariat Islam?

Takhbib merupakan istilah untuk perbuatan merusak rumah tangga seseorang Muslim. ini merupakan dosa yang sangat besar. Selain ada ancaman khusus, bahaya takhbib juga bisa membantu iblis untuk menyukseskan rencananya menyesatkan manusia.

Baca juga: Pelakor dalam Islam Disebut Takhbib, Bagaimana Hukumnya? 

Bahaya takhbib bisa saja terjadi karena berbagai macam bentuk. Misalnya, menggoda salah satu pasangan suami istri yang sah dengan mengajak berzina, baik zina mata, tangan, maupun zina hati, sehingga menjadi benci dengan pasangan sahnya.

Sebagaimana telah MNC Portal himpun, Mula Ali al-Qari (w. 1014 H) menjelaskan bahwa takhbib secara bahasa artinya menipu dan merusak, yaitu dengan menyebut-nyebut kejelekan suami di hadapan istrinya atau kebaikan lelaki lain di depan wanita itu.

Al-Adzim Abadi menyebutkan pengertian takhbib:

مَنْ خَبَّب زوجة امرئ أي خدعها وأفسدها أو حسن إليها الطلاق ليتزوجها أو يزوجها لغيره أو غير ذلك[3]

"Siapa yang melakukan takhbib terhadap istri seseorang, maknanya adalah siapa yang menipu wanita itu, merusak keluarganya atau memotivasinya agar cerai dengan suaminya, agar dia bisa menikah dengannya atau menikah dengan lelaki lain atau cara yang lainnya."

Baca juga: Barakallah! Klub Inggris Blackburn Rovers Sediakan Fasilitas Sholat Magrib di Stadionnya 

Ad-Dzahabi (w. 748 H) menyebutkan di antara dosa adalah takhbib:

وَمن ذَلِك إِفْسَاد قلب الْمَرْأَة على زَوجهَا. (الكبائر للذهبي (ص: 211)[4]

"Di antara hal yang dilarang adalah merusak hati wanita terhadap suaminya."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bahaya Takhbib

Bahaya melakukan Takhbib terdapat pada hadis berikut:

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

ﻟَﻴْﺲَ ﻣِﻨَّﺎ ﻣَﻦْ ﺧَﺒَّﺐَ ﺍﻣﺮَﺃَﺓً ﻋَﻠَﻰ ﺯَﻭﺟِﻬَﺎ

"Bukan bagian dari kami orang yang melakukan takhbib terhadap seorang wanita, sehingga dia melawan suaminya." (HR Abu Dawud nomor 2175 dan disahihkan Syekh Al Albani)

Ad-Dzahabi menjelaskan, yaitu merusak hati wanita terhadap suaminya. Beliau berkata:

ﺇﻓﺴﺎﺩ ﻗﻠﺐ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻋﻠﻰ ﺯﻭﺟﻬﺎ

"Merusak hati wanita terhadap suaminya." (Al Kabair, halaman 209)

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﻓْﺴَﺪَ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓً ﻋَﻠَﻰ ﺯَﻭْﺟِﻬَﺎ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻣِﻨَّﺎ

"Barang siapa yang merusak hubungan seorang wanita dengan suaminya, maka dia bukan bagian dari kami." (HR Ahmad, shahih)

Dalam kitab Mausu'ah Fiqhiyyah dijelaskan bahwa merusak di sini adalah mengompor-ngompori untuk minta cerai, atau menyebabkannya (mengompor-ngompori secara tidak langsung).

ﻣَﻦْ ﺃَﻓْﺴَﺪَ ﺯَﻭْﺟَﺔَ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﺃَﻱْ : ﺃَﻏْﺮَﺍﻫَﺎ ﺑِﻄَﻠَﺐِ ﺍﻟﻄَّﻼَﻕِ ﺃَﻭِ ﺍﻟﺘَّﺴَﺒُّﺐِ ﻓِﻴﻪِ ، ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺗَﻰ ﺑَﺎﺑًﺎ ﻋَﻈِﻴﻤًﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏِ ﺍﻟْﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ ” ﺍﻧﺘﻬﻰ

"Maksud merusak istri orang lain, yaitu mengompor-ngompori untuk meminta cerai atau menyebabkannya, maka ia telah melalukan dosa yang sangat besar." (Mausu'ah Fiqhiyyah 5/291)

Setelah memahami bahaya takhbib ini, maka kaum muslim harus berhati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala menyelamatkan dari fitnah akhir zaman. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini