Share

Gelar Festival Masjid Nasional, Kemenag: Memperkuat Nilai Moderasi Beragama di Tempat Ibadah

Hantoro, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 614 2645762 gelar-festival-masjid-nasional-kemenag-memperkuat-nilai-moderasi-beragama-di-tempat-ibadah-FphQL26aje.jpg Ilustrasi Festival Masjid Nasional. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) bakal menggelar Festival Masjid Nasional 2022. Kegiatan ini diyakini bakal memperkuat nilai-nilai moderasi beragama di tempat ibadah.

"Festival Masjid Nasional ini menjadi bagian penting dari kegiatan yang tertuang dalam roadmap penguatan peran masjid berbasis moderasi beragama. Ini sesuai dengan program prioritas Menteri Agama di bidang kemasjidan," ungkap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag Adib di Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.

Baca juga: Surat Al Waqiah Lengkap 96 Ayat, Bacaan Arab Latin, Buka di Alquran Digital Okezone 

Info grafis 44 tahun Masjid Istiqlal. (Foto: Okezone)

Ia mengatakan masjid merupakan tempat strategis dan penting untuk memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Festival Masjid Nasional tidak bisa lepas dari upaya memperkuat peran masjid berbasis moderasi beragama.

Menurutnya, rangkaian dari kegiatan Festival Masjid Nasional ini semuanya menampilkan program-program kemasjidan yang berorientasi pada penguatan peran dan kemakmuran masjid.

Baca juga: Demi Lolos dari Pukulan Istri Cerewet, Abu Nawas Korbankan Maling, Pinter Banget! 

Guna menyukseskan Festival Masjid Nasional, Adib yang ditunjuk sebagai ketua panitia Festival Masjid Nasional tersebut menyebut akan menjalin sinergi dengan sejumlah pihak terkait.

"Tentu kita akan menjalin sinergi terutama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI)," jelasnya, seperti dikutip dari Antara.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain DMI, dia juga menyatakan perlunya sinergi dengan Direktorat Penerangan Agama Islam (Ditpenais). Selain memiliki hampir 10 ribu dai yang telah mendapatkan penguatan kompetensi, Ditpenais juga memiliki 50 ribu penyuluh yang aktif berdakwah di masjid, majelis taklim, dan komunitas masyarakat lainnya.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 11 Agustus 2022M/13 Muharram 1444H 

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi Hari Ini: Dilindungi Allah dari Berbagai Gangguan, Dilimpahkan Rezeki Halal 

Sementara itu, Koordinator Fungsi Kepustakaan Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag Abdullah Alkholis mengatakan pendaftaran Festival Masjid Nasional ini mulai dibuka pada akhir Agustus 2022 dengan sejumlah syarat dan ketentuan.

Sementara acara puncak Festival Masjid Nasional 2022 akan berbarengan dengan penyerahan Masjid Muhammad Bin Zayed (MBZ) di Solo pada pertengahan November mendatang.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini