Share

Pakai Secarik Surat, Abu Nawas Bikin Imam Syafii Nangis Sejadi-jadinya

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 614 2646893 pakai-secarik-surat-abu-nawas-bikin-imam-syafii-nangis-sejadi-jadinya-tH16FoUxjT.jpg Ilustrasi Abu Nawas bikin Imam Syafii nangis sejadi-jadinya cuma pakai secarik surat. (Foto: Istimewa/Sindonews)

ABU Nawas selalu saja bikin kehebohan tersendiri. Seperti kali ini, cuma lewat secarik surat, sosok lucu itu bikin ulama besar Imam Syafii menangis sejadi-jadinya. Memang apa sih isi surat itu? Penasaran!

Dikutip dari nu.or.id, kisah terkenal dari Abu Nawas yang memiliki sifat jenaka dan kekonyolannya salah satunya tentang kematiannya membuat Imam Syafii menangis sejadi-jadinya. Padahal awalnya, Imam Syafii enggan untuk menyolati jenazah Abu Nawas.

Baca juga: Abu Nawas Mau Bunuh Diri, tapi Kok Malah Minum Madu Bukan Racun? 

Ilustrasi Abu Nawas bikin Imam Syafii nangis sejadi-jadinya cuma pakai secarik surat. (Foto: Istimewa/Sindonews)

Baca juga: Demi Lolos dari Pukulan Istri Cerewet, Abu Nawas Korbankan Maling, Pinter Banget! 

Bukan hanya itu, Abu Nawas dikenal sebagai orang yang gemar berbuat maksiat dan agak gila. Dia suka minum khamr hingga mendapat julukan Penyair Khamr. Namun, Abu Nawas pernah membuat syair seperti ini:

"Biarkan masjid diramaikan oleh orang-orang yang rajin ibadah, kita di sini saja bersama para peminum khamr, dan saling menuangkan. Tuhanmu tidak pernah berkata, 'Cilakalah para pemabuk.' Tapi Dia pernah berkata, 'Cilakalah orang-orang yang sholat'."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Gara-gara syairnya ini, Baginda Raja marah besar dan ingin memenggal leher Abu Nawas. Tapi, ada orang yang mengatakan kepada Raja, "Wahai Amirul Mukminin, para penyair mengatakan apa-apa yang tidak mereka lakukan. Maafkanlah dia (Abu Nawas)."

Kemudian gerangan apakah yang membuat Imam Syafii menangis sejadi-jadinya dan akhirnya bersedia menyolatkan jenazah Abu Nawas yang sebelumnya ditolak. Berikut kisahnya:

Baca juga: Diusir dari Kampung, Abu Nawas Gak Boleh Kembali Naik Keledai, Gimana Caranya Pulang? 

Menurut salah satu riwayat, ketika Abu Nawas meninggal dunia, Imam Syafii tidak mau menyolati jenazahnya. Namun saat jasad Abu Nawas hendak dimandikan, di kantong bajunya ditemukan secarik kertas bertuliskan syair berikut ini:

"Wahai Tuhanku, dosa-dosaku terlalu besar dan banyak, tapi aku tahu bahwa ampunan-Mu lebih besar. Jika hanya orang baik yang boleh berharap kepada-Mu, kepada siapa pelaku maksiat akan berlindung dan memohon ampunan?"

Baca juga: Abu Nawas Antar Bebek Panggang untuk Raja, tapi Kok Kakinya Cuma Satu? 

"Aku berdoa kepada-Mu, seperti yang Kau perintahkan, dengan segala kerendahan dan kehinaanku. Jika Kau tampik tanganku, lantas siapa yang memiliki kasih-sayang? Hanya harapan yang ada padaku ketika aku berhubungan dengan-Mu dan keindahan ampunan-Mu dan aku pasrah setelah ini."

Setelah membaca secarik surat berisi syair tersebut, Imam Syafii menangis sejadi-jadinya. Dia pun bergegas langsung mau menyolati jenazah Abu Nawas bersama orang-orang yang hadir.

Demikian kisah Abu Nawas membuat Imam Syafii menangis histeris cuma karena secarik surat. Semoga memberi manfaat dan bisa diambil hikmahnya. Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Cara Jitu Abu Nawas Biar Istri Cantiknya Tidak Diganggu: Ajak Para Pria Genit Makan Ubi Saja! 

Baca juga: Cuma Tunjukkan Kancing Celana ke Raja, Abu Nawas Dapat 1.000 Dirham 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini