Share

Tak Cuma Jago, Kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge Juga Penghafal Alquran, Barakallah!

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2022 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 614 2647281 tak-cuma-jago-kapten-timnas-indonesia-u-16-muhammad-iqbal-gwijangge-juga-penghafal-alquran-barakallah-QWICgjr91k.jpg Kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge ternyata juga seorang penghafal Alquran. (Foto: Instagram @pssi)

KAPTEN Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge baru saja mengantarkan skuadnya menjuarai Piala AFF U-16 2022. Dalam laga final melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Jumat 12 Agustus, mereka menang dengan skor 1-0.

Namun ada fakta menarik di balik sosok kapten Muhammad Iqbal Gwijangge. Selain jago bermain sepakbola dan menjadi pemain terbaik Piala AFF U-16 2022, ternyata Iqbal juga seorang penghafal Alquran. Hal ini sebagaimana diungkapkan Coach Bima Sakti.

Baca juga: Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF, Coach Bima Sakti: Kuncinya Akhlak, Ibadah, Utamakan Akhirat Dulu 

"Kita lakukan setor surat. Kemarin ada yang juara, mana Figo? Figo juara, Tegar, Iqbal kemarin 22 surat. Yang juara kita kasih jersey," ungkap Coach Bima Sakti saat berbicara di atas mimbar Masjid Mujahidin UNY usai Sholat Subuh berjamaah, dikutip dari unggahan Instagram @muslimunited.official, Sabtu (13/8/2022).

Coach Bima Sakti. (Foto: Instagram @pssi)

Coach Bima Sakti melanjutkan, dirinya dan tim kepelatihan tidak hanya membentuk skuad yang jago bermain sepakbola, tapi juga pandai ilmu, akhlak, dan mengutamakan akhirat.

"Tim ini bukan hanya sekadar main bolanya saja, ilmu sepakbolanya saja, tapi paling tidak bahwasanya akhlak itu lebih penting, kemudian ilmu. Sebab itu kita di sini mengajarkan kepada pemain disiplin, terutama disiplin masalah ibadah," jelasnya.

Baca juga: Masya Allah! Penggawa Timnas Indonesia U-16 Rajin Setor Hafalan Surat Alquran, Coach Bima Sakti: Yang Juara Dikasih Jersey 

Tapi, imbuh Coach Bima Sakti, ada sanksi bagi anggota Timnas Indonesia U-16 yang tidak menunaikan ibadah. Misalnya, tidak sholat akan didenda Rp100 ribu. Kemudian kalau masbuk atau terlambat sholat berjamaah kena denda Rp50 ribu.

"Kalau enggak ke masjid sama sekali Rp100 ribu. Jadi terkumpul berapa juta gitu kemudian kita, mohon maaf, kita sumbangkan ke panti asuhan," tegasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Coach Bima Sakti memberi imbauan kepada anak-anak asuhnya di Timnas Indonesia U-16 setelah meraih kemenangan di Piala AFF ini tidak boleh merayakan secara berlebihan.

"Saya sampaikan ke mereka, enggak perlu berlebihan euforianya, kita syukuri iya, dan kita tetap rendah hati, dan kita tetap tidak lupa diri. Karena kalau kita sombong, kita hancur," ucapnya.

Baca juga: Viral Lantunan Surat Ar-Rahman di Ruang Ganti Timnas Indonesia U-16, Berbuah Kemenangan Telak 

Coach Bima Sakti mengungkapkan bahwa keberhasilan Timnas Indonesia U-16 bukan tim pelatih sebenarnya yang berperan penting. Namun, pihak yang paling utama adalah orangtua.

"Jadi mereka bisa hebat begini, orangtua yang paling berperan penting. Taktik yang jitu itu orangtua mereka itu lho, hadir di tengah-tengah mereka saat meeting, saat pertandingan. Makanya mereka bisa luar biasa," paparnya.

Baca juga: Masya Allah! Timnas Indonesia U-16 Selalu Sholat Berjamaah, Rahasia di Balik Penampilan Gemilang 

Coach Bima Sakti pun menyampaikan terima kasih sekali kepada semua pemain, ofisial, orangtua, karena berkat kerja keras semuanya kemenangan di Piala AFF U-16 2022 bisa diraih.

Selamat dan semoga keberkahan Allah Subhanahu wa ta'ala selalu menyertai Timnas Indonesia U-16. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini