Share

Bacaan Doa Sapu Jagat dan Artinya, Banyak Diamalkan Rasulullah

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 618 2648243 bacaan-doa-sapu-jagat-dan-artinya-banyak-diamalkan-rasulullah-STTcXMW9U1.jpg Ilustrasi bacaan doa sapu jagat dan artinya yang banyak diamalkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Shutterstock)

BACAAN doa sapu jagat dan artinya merupakan salah satu amalan yang dilakukan banyak kaum Muslimin. Berdoa sendiri merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi serta mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan umatnya untuk banyak berdoa.

Salah satu doa yang sering dipanjatkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam adalah doa sapu jagat. Seperti kesaksian para sahabat yang tertuang dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim berikut ini:

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

"Dari Anas, ia berkata, 'Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam adalah 'Allahumma, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina 'adzaban nar'." (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Contoh Doa Upacara Bendera HUT Ke-77 RI: Semoga Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat 

Baca juga: 7 Nilai Islam di Timnas Indonesia U-16 sang Juara Piala AFF, Utamakan Akhlak hingga Rajin Hafalan Alquran 

Membaca doa sapu jagad memiliki beberapa keutamaan. Bagi yang belum tahu, berikut bacaan doa sapu jagat lengkap teks Arab, latin, dan artinya; sebagaimana dilansir nu.or.id.

Doa sapu jagat tidak berasal dari sebuah hadis, namun berasal dari ayat Alquran. Lafaz doa ini berada dalam Surat Al Baqarah Ayat 201:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina 'adzaban nar

"Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun keutamaan dari doa sapu jagat adalah untuk memohon kebaikan di dunia maupun di akhirat. Hal yang dimaksud kebaikan dalam konteks ini cukup luas yaitu meliputi keamanan, keberuntungan, kesehatan, rezeki, dan lain sebagainya.

Juga untuk menghindarkan diri dari hal-hal buruk yang mampu mengantarkan umat manusia ke siksaan api neraka. Bisa membaca doa ini setelah sholat atau di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa sapu jagat dan artinya yang banyak diamalkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Awal Pekan Simak Jadwal Sholat Hari Ini Senin 15 Agustus 2022M/17 Muharram 1444H 

Baca juga: Cuma Modal Cerita Asal-asalan, Abu Nawas Menang Sayembara Bikin Raja Tidur Pulas 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini