Share

Benarkah Masih Ada Makhluk yang Hidup Setelah Sangkakala Ditiup?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2022 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 614 2656262 benarkah-masih-ada-makhluk-yang-hidup-setelah-sangkakala-ditiup-LRuWB3THDB.jpg Ilustrasi hari kiamat (foto: istimewa)

MAKHLUK yang meninggal terakhir kali saat kiamat akan dibahas dalam artikel ini. Kematian adalah hal yang pasti akan dihadapi oleh setiap makhluk yang hidup. Apalagi saat sangkakala ditiupkan oleh Malaikat Israfil pada hari kiamat. Semua makhluk yang bernyawa pasti akan meninggal.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala, "Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS Az Zumar: 68)

Ada beberapa pendapat mengenai siapa makhluk yang masih hidup ketika sangkakala ditiupkan. Menurut tulisan dalam buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir, pada saat tiupan pertama (nafkhatush sha'aqi) akan ada getaran yang hebat sebagai tanda kehidupan di dunia berakhir.

Pada saat itu, "mereka" yang dikecualikan sesuai bunyi surat Az-Zumar ayat 68, akan tetap hidup di sisi Allah dalam keadaan diberi rezeki.

 hari kiamat

Siapa saja "mereka"? Pendapat pertama, ada yang menyebut bahwa mereka adalah Jibril, Mikail, Israfil, dan malaikat maut atau Izrail. Sedangkan pendapat kedua menyatakan, malaikat pembawa 'Arsy, Jibril, Mikail, Israfil, dan malaikat mautlah yang tetap hidup usai tiupan sangkakala pertama.

Sementara pendapat lainnya menyatakan mereka adalah makhluk selain dari yang telah disebutkan.

Meski malaikat disebut sebagai makhluk yang terakhir mati pagi hari kiamat, terdapat dalil yang menjadi bukti bahwa para malaikat juga termasuk makhluk Allah SWT yang menemui kematian pada saat hari kiamat.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala, "Dan jangan (pula) engkau sembah tuhan yang lain selain Allah. Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenangNya, dan hanya kepadaNya kamu dikembalikan." (QS Al Qasas: 88)

Kembali lagi, semua berada di luar batas kemampuan manusia untuk mengetahuinya. Di samping itu, tidak ada dalil-dalil yang mendukung informasi tentang malaikat yang diambil ruhnya sebelum sangkakala ditiup. Hanya Allah dzat yang maha mengetahui segala sesuatu.

(vvn)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini