Share

Arab Saudi Restorasi 5 Masjid Bersejarah, Lindungi Situs Agama dan Budaya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 615 2657357 arab-saudi-restorasi-5-masjid-bersejarah-lindungi-situs-agama-dan-budaya-yG7TkxodEq.jpg Arab Saudi merestorasi lima masjid bersejarah. (Foto: Istimewa/SPA/Arabnews)

LIMA masjid di Kota Makkah akan dipulihkan sebagai bagian dari fase kedua proyek Pangeran Mohammed bin Salman untuk Pengembangan Masjid Bersejarah. Demikian dilaporkan Saudi Press Agency (SPA).

Proyek ini bertujuan melindungi dan merenovasi masjid, hingga mempertahankan arsitekturnya. Pasalnya, bangunan-bangunan masjid itu telah berabad-abad berdiri.

Baca juga: Terungkap Foto-Foto Langka Isi Kakbah, Masya Allah Bikin Kagum 

Arab Saudi merestorasi lima masjid bersejarah. (Foto: Istimewa/SPA/Arabnews)

Dikutip dari Arabnews, masjid pertama yang akan direstorasi adalah Masjid Al-Baiah. Masjid ini dibangun pada masa Khalifah Abbasiyah Abu Jafar Al-Mansour. Lokasinya di dekat Jamarat Al-Aqaba di Mina.

Luas masjid setelah renovasi akan tetap sama yaitu 457,56 meter persegi. Lalu bakal memiliki daya tampung lebih banyak jamaah.

Baca juga: Kisah Mualaf Mantan Pemuka Agama, Dulu Benci Islam Kini Bangun Rumah Tahfidz Quran 

Kemudian ada dua masjid di Jeddah yang juga akan direnovasi. Masing-masing adalah Masjid Abu Inbeh di Harat Al-Sham dan Masjid Al-Khadr di Jalan Al-Dhahab, Al-Balad.

Masjid Abu Inbeh dibangun lebih dari 900 tahun lalu dan berdiri di atas 339,98 meter persegi. Setelah direnovasi, luasnya akan mencapai 335,31 meter persegi dan akan menampung 357 jamaah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selanjutnya ada Masjid Al-Khadr, sekira 66 kilometer dari Masjidil Haram di Makkah. Masjid ini dibangun sekira 700 tahun lalu. Pasca-renovasi akan memiliki luas 355,09 meter persegi dan kapasitas 355 jamaah.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dikatakan beribadah di Masjid Al-Fath di Provinsi Al-Jamoum selama menaklukkan Makkah.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Pedagang Asongan Menang Tantangan Sambung Ayat Alquran, Netizen Terkagum-kagum 

Luasnya diharapkan meningkat menjadi 553,50 meter persegi. Kapasitasnya juga akan meningkat dari 218 menjadi 333 jamaah.

Terakhir ada Masjid Al-Jubail yang dibangun lebih dari 300 tahun lalu. Pasca-renovasi luasnya akan menjadi 310 meter persegi. Kapasitasnya akan tetap sama yaitu 45 jamaah.

Baca juga: Surat Al Waqiah Lengkap Ayat 1-96, Teks Arab, Latin, Tafsir, Keistimewaannya 

Sebanyak 30 masjid akan dimasukkan ke proyek pembangunan tahap kedua yang mencakup semua wilayah di Kerajaan Arab Saudi.

Proyek ini bertujuan melindungi kekayaan budaya Arab Saudi, memulihkan masjid bersejarah untuk ibadah dan sholat, melestarikan arsitektur asli masjid bersejarah, serta meningkatkan status agama dan budaya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini