Share

Kisah Tunanetra Gigih Menghafal Alquran, Kini Jadi Hafiz Bersuara Sangat Merdu

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 614 2670927 kisah-tunanetra-gigih-menghafal-alquran-kini-jadi-hafiz-dan-miliki-suara-sangat-merdu-uViYO7TYW9.jpg Kisah Zainal tunanetra hafiz Quran miliki suara merdu. (Foto: YouTube Rukun Indonesia)

MENGHAFAL Alquran memang dibutuhkan perjuangan dan kerja keras. Apalagi bagi mereka yang memiliki keterbatasan, seperti penyandang tunanetra. Akan tetapi hal itu tidak membuat patah semangat, salah satunya adalah Zainal.

Zainal merupakan tunanetra asal Bandung, Jawa Barat, dan sekaligus hafiz. Kegigihannya dalam menghafal ayat-ayat suci Alquran membuatnya berhasil membanggakan kedua orangtuanya.

BACA JUGA:Ayat Kursi Lengkap Bacaan Arab, Latin, Arti, Tafsirnya Buka di Alquran Digital Okezone 

Kisah Zainal tunanetra hafiz Quran miliki suara merdu. (Foto: YouTube Rukun Indonesia)

Ia mengatakan mulanya masuk ke pesantren khusus tunanetra. Di sana Zainal terus belajar menghafal Alquran dan berharap bisa menjadi hafiz.

Berbagai metode pelajaran ia lakukan agar ayat-ayat suci tersebut bisa dihafal dan dilafalkan dengan lancar. Salah satunya dengan cara murotal atau menggunakan audio. Keterbatasannya melihat sesuatu, akhirnya Zainal mengandalkan pendengarannya untuk menghafal Alquran.

BACA JUGA:Yuk Baca Surat Yasin di Alquran Digital Okezone: Lengkap Teks Arab, Latin, Tafsirnya 

Tidak hanya itu, dia juga selalu menghafalnya ketika sholat lima waktu. Walau hanya satu ayat Zainal hafalkan, hal itu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dicoba berulang kali.

"Ada juga talaki, berhadapan dengan guru langsung," kata Zainal dalam tayangan di kanal YouTube Rukun Indonesia. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Hingga pada akhirnya Zainal berhasil menghafal Alquran. Kini dirinya menjadi salah seorang hafiz dari kalangan tunanetra yang memiliki suara merdu. Ia pun selalu mengamalkan hafalannya itu dalam kesehariannya.

Sementera itu, motivasi Zainal untuk menghafal Alquran yaitu ingin terhindar dari azab Allah Subhanahu wa ta'ala kelak di akhirat.

BACA JUGA:Hukum Baca Alquran Sambil Tiduran, Bolehkah atau Dilarang? 

BACA JUGA:3 Kali Khatam Alquran Buat Hina Islam, Wendy Lofu Malah Mantap Jadi Mualaf 

"Kemuliaan Alquran itu banyak. Saya tidak mau celaka ketika di akhirat nanti. Bisa dapat syafaat dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," terangnya.

Selain itu, Zainal ingin memberikan mahkota kepada kedua orangtuanya dari kemuliaan Alquran itu sendiri. Sehingga, dirinya makin giat menghafal dalam keadaan apa pun dan di mana pun.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini