Share

Syarat dan Rukun Zakat Fitrah yang Wajib Dipenuhi agar Sah dan Berlimpah Pahala

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Senin 26 September 2022 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 330 2674850 syarat-dan-rukun-zakat-fitrah-yang-wajib-dipenuhi-agar-sah-dan-berlimpah-pahala-pKZVuyoqtr.jpg Ilustrasi syarat dan rukun zakat fitrah yang wajib dipenuhi. (Foto: Dok Okezone)

SYARAT dan rukun zakat fitrah yang wajib dipenuhi sangat penting diketahui setiap Muslim. Adapun zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang wajib dikeluarkan pada bulan Ramadhan oleh setiap Muslim yang mampu dan telah sesuai dengan syarat yang ditetapkan.

Zakat sendiri merupakan Rukun Islam yang keempat. Maka itu, ajaran agama Islam mewajibkan zakat untuk menegakkan salah satu pilar agama. Sebagai Muslim, wajib selalu membayar zakat, khususnya zakat fitrah.

BACA JUGA:Buya Yahya: Penderita Gangguan Jiwa Tetap Wajib Bayar Zakat, Ini Alasannya 

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah untuk membersihkan harta dan sebagai pelengkap ibadah puasa. Sebab, tanpa zakat fitrah puasa yang dikerjakan menjadi tidak lengkap.

Selain itu, zakat bisa memberdayakan fakir miskin dan delapan golongan penerima zakat agar kehidupannya berangsur membaik. 

Kemudian bagi muzakki atau orang yang wajib mengeluarkan zakat, bisa menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menumbuhkan perasaan bersyukur, lantaran mampu membantu orang lain untuk sama-sama berdaya secara ekonomi.

Sebelum menunaikannya, harus diketahui terlebih dahulu syarat wajib zakat fitrah. Apa saja? Berikut ini penjelasannya, sebagaimana telah Okezone himpun:

BACA JUGA:Zakat Penghasilan dari Gaji Kotor atau Gaji Bersih? Ini Penjelasannya 

1. Beragama Islam dan merdeka.

2. Menemui dua waktu yaitu di antara bulan Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat.

3. Mempunyai harta yang lebih daripada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan pada hari raya dan malamnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara untuk syarat orang yang tidak wajib zakat fitrah adalah sebagai berikut:

1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadhan.

2. Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadhan.

3. Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

4. Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

Kemudian untuk orang yang wajib membayar zakat fitrah, ada rukun yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Niat.

2. Ada muzakki atau orang yang membayar zakat fitrah.

3. Ada mustahik atau orang yang menerima zakat fitrah.

4. Ada harta yang untuk berzakat.

Setelah mengetahui syarat dan rukun zakat fitrah, harus diketahui juga seberapa besar zakat fitrah yang wajib dikeluarkan untuk setiap orang.

Zakat fitrah sendiri merupakan zakat yang harus dikeluarkan sebelum Sholat Idul Fitri. Jenis zakatnya sesuai makanan pokok di Indonesia yakni beras.

Bagi balita hingga orang dewasa, memiliki kewajiban membayar zakat fitrah senilai satu sha' yang setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras. Bisa menyalurkannya ke masjid terdekat maupun lembaga amil zakat terpercaya atau langsung ke mustahik.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini