Share

10 Adab Makan dan Minum Menurut Perintah Rasulullah, Beri Banyak Berkah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 616 2678907 10-adab-makan-dan-minum-menurut-perintah-rasulullah-beri-banyak-berkah-JApD6tfZNG.jpg Ilustrasi adab makan dan minum menurut perintah Rasulullah. (Foto: Freepik)

KETAHUI 10 adab makan dan minum menurut perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berikut ini. Patut dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah banyak bukti menunjukkan bahwa perilaku Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam makan dan minum memberikan banyak berkah dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Kisah Malaikat Penjaga Gunung Marah Lihat Rasulullah Dibuat Sedih 

Adab makan dan minum telah diatur oleh syariat Islam, mulai asupan makanan dan minuman, kebersihan pangan yang dikonsumsi, tata cara makan dan minum yang sehat, bahkan sampai kebiasaan sebelum dan sesudah makan-minum, itu semua punya adabnya tersendiri.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjadi teladan yang tepat untuk hal tersebut. Satu contoh kebiasaan Rasulullah yang telah banyak dibuktikan manfaatnya adalah tidak makan dan minum sambil berdiri.

Dunia medis membuktikan bahwa kebiasaan itu menyebabkan air mengalir berjatuhan dengan keras ke dasar lambung dan menumbuknya, sehingga lambung kendur dan pencernaan menjadi sulit.

Temuan medis tersebut sejalan dengan ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kepada manusia tentang risiko kesehatan apabila makan dan minum dengan cara berdiri sesuai sabdanya:

ال يشربن احد منكم قائما فمن نسي فليستقي

Artinya: "Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan. Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. Qatadah berkata, 'Bagaimana dengan makan? Beliau menjawab: Itu lebih buruk lagi'." (HR Muslim dan Tirmidzi nomor 2024, bab dibencinya minum dengan berdiri)

Selain itu, ada 10 adab makan dan minum menurut perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang perlu diketahui dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya, seperti dilansir nu.or.id:

BACA JUGA:Kisah Jin Pertama Kali Dengar Bacaan Alquran dari Rasulullah saat Sholat Berjamaah 

1. Jangan makan dan minum secara berlebihan

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memperingatkan bahwa perut bukanlah wadah yang siap diisi apa saja sesuai keinginan. Sekalipun diisi, tidak boleh berlebihan jumlahnya. Ini sesuai dalam hadis berikut:

"Keturunan Adam tidak dianggap menjadikan perutnya sebagai wadah yang buruk jika memenuhinya dengan beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya. Karena itu, apa yang dia harus lakukan adalah sepertiga perutnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lainnya untuk napas." (HR Ahmad)

Penting juga untuk memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi itu halal, karena jika tidak ada kerugian yang mesti ditanggung. Ingat, terlalu kenyang bisa membuat Anda mengantuk, malas beraktivitas yang bisa berdampak ke malas beribadah, hingga berisiko obesitas.

2. Jangan makan terlentang atau di tempat yang ada makanan haram

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam melarang umatnya untuk makan di tempat yang menyediakan makanan atau minuman haram. Ini tertuang dalam hadis berikut:

"Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam melarang makan di tempat yang menyajikan minuman keras. Begitu pula beliau melarang seseorang makan sambil menelungkupkan perutnya." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Al Hakim) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Jangan bersandar saat makan

Abu Juhaifah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Aku tidak pernah makan sambil bersandar." Ibnu 'Amr juga menyebutkan, "Rasulullah tidak pernah terlihat makan sambil bersandar." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Lantas, posisi duduk apa yang dianjurkan ketika makan?

Menekuk kedua lutut dan menduduki bagian dalam telapak kaki, atau menegakkan betis dan paha kanan dan menduduki kaki yang kiri (bersila). (Ibnu Hajar, Fath al-Bari, Beirut: Darul Ma'rifah, 1379 H, jilid 9, halaman 542)

4. Makan mulai dari pinggir piring

Abdullah ibn Basar meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memiliki mangkuk besar yang disebut dengan al-gharra dan cukup untuk dipakai makan oleh berempat. Usai sholat dhuha dan setelah mangkuk diisi makanan, sejumlah sahabat berkerumun di sekitar mangkuk tersebut dan Rasulullah pun terlihat duduk berlutut.

Seorang Arab pedesaan bertanya, "Duduk apa itu?" Beliau menjawab, "Sesungguhnya Allah menjadikanku sebagai hamba yang mulia dan tidak menjadikanku sebagai hamba yang sombong dan penentang." Setelah itu beliau memerintah para sahabat, "Makanlah makanan yang ada di pinggir mangkuk ini dan biarkan bagian tengahnya. Dengan begitu, makanan itu akan berkah." (HR Abu Dawud)

5. Mencuci tangan sebelum makan

'Aisyah meriwayatkan bahwa ketika hendak tidur dalam keadaan junub, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu berwudhu; dan sewaktu hendak makan, beliau selalu mencuci tangan. (HR An-Nasa'i dan Ahmad)

6. Jangan mencela makanan

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika menyukai suatu makanan, beliau memakannya. Namun, jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya. (HR Bukhari) 

7. Membaca Bismillah sebelum makan dan minum

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak pernah melewatkan Bismillah sebelum makan dan minum. Jika lupa, bacalah saat ingat. Ibnu Mas'ud meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda:

"Siapa yang lupa mengucap nama Allah sebelum makan, maka bacalah setelah ingat, 'Bismillahi fi awwalihi wa akhirihi', karena doa itu menyambut makanan yang baru dan mencegah keburukan yang menimpa makanan yang masuk." (HR Ibnu Hibban)

8. Makan dan minum dengan tangan kanan

Hafshah meriwayatkan bahwa beliau menggunakan tangan kanannya untuk makan, minum, wudhu, berpakaian, mengambil sesuatu, memberi sesuatu, dan menggunakan tangan kirinya untuk selain itu. (HR Ahmad)

9. Makan dengan tiga jari

Ka'b ibn Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam biasanya makan dengan tiga jari. (HR Muslim)

Menurut Ibnu Hajar, tiga jari yang dimaksud adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Kemudian Ibnu Qayyim menjelaskan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam makan dengan tiga jarinya dan cara ini adalah yang terbaik, karena makan dengan banyak jari tidak membawa kenikmatan, pun rasa kenyang, kecuali setelah waktu lama (sangat lapar).

10. Jangan sisakan makanan

Anas meriwayatkan, "Rasulullah memerintah kami untuk tidak menyisakan makanan di wadah. Sebab, dia pernah menyampaikan, 'Sesungguhnya kalian tidak tahu pada makanan manakah keberkahan itu berada'." (HR At-Tirmidzi)

Demikian 10 adab makan dan minum menurut perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Semoga bisa menjadi pengingat untuk kita semua demi mendapat keberkahan dan juga kesehatan. Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini