Share

Cerita Awal Mula Hijrah Uki Kautsar eks Noah, Beranikan Diri Bertanya ke Ustadz saat Penerbangan

Nurul Amanah, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 614 2688686 cerita-awal-mula-hijrah-uki-kautsar-eks-noah-beranikan-diri-bertanya-ke-ustadz-saat-penerbangan-z5oH8MdZ9V.jpg Cerita awal mula hijrah Uki Kautsar eks Noah (kiri). (Foto: YouTube Serlok Kuliner)

MUHAMMAD Kautsar Hikmat atau lebih dikenal Uki Kautsar eks Noah sudah tidak bergabung lagi dengan band yang telah membesarkan namanya itu. Ia memilih hijrah sejak 2019.

Hengkangnya Uki Kautsar sontak menghebohkan publik, mengingat perjuangannya bersama para personel lain sejak membangun band Peterpan hingga harus mengganti nama menjadi Noah begitu heroik.

Baca juga: 5 Potret Terbaru Uki Kautsar Eks Noah Setelah Hijrah: Hidup Tenang, Jenggot Panjang Istikamah Jalankan Sunnah 

Lantas, bagaimana kisah Uki Kautsar eks Noah memantapkan hati untuk hijrah demi memperdalam ajaran agama Islam? Berikut ini kisahnya.

Perjalanannya bermula selepas Uki melaksanakan ibadah umrah. Kegundahan terjadi usai umrah di mana dia seperti harus memilih lanjut atau tidak sebagai seorang musisi.

Cerita awal mula hijrah Uki Kautsar eks Noah. (Foto: YouTube Serlok Kuliner)

Di tengah kegundahannya itu sang istri Metha Yunatria mengirim link kajian Ustadz Dr Syafiq Riza Basallamah Lc MA.

"Coba deh ikutin kajian Ustadz (Syafiq Riza)," ujar Uki menirukan perkataan sang istri yang saat itu sudah mulai mengikuti kajian Islam, dikutip dari kanal YouTube Serlok Kuliner, Senin (17/10/2022).

Baca juga: Perjalanan Hijrah Jhody Super Bejo, Berawal Serangan Jantung hingga Mantap Hapus Tato 

Pertemuan dengan Ustadz Syafiq Riza Basalamah pun direncanakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dalam peristiwa tidak terduga.

Suatu hari dalam perjalanan menuju Bangka Belitung, Uki ternyata satu pesawat dengan Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Waktu itu Uki belum mengenal Ustadz Syafiq yang ternyata duduk tepat di belakangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Uki Kautsar sudah ingin bertanya-tanya ke Ustadz Syafiq Riza Basalamah tapi belum terlalu berani karena memang belum kenal. Akhirnya Uki memberikan diri menulis surat di secarik kertas.

Ia mengingat betul apa perkataan Ustadz Syafiq Riza Basalamah sewaktu itu. "Ustadz langsung memeluk sambil bilang, 'Banyak berdoa-doa'," cerita Uki Kautsar.

Baca juga: Pernah Masuk ISIS, Dery Eks Vierra Kini Hijrah dan Istikamah Jalankan Sunnah 

Akhirnya Uki melihat kajian mengenai hukum musik dalam pandangan ajaran agama Islam ketika dirinya mendatangi kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Jember, Jawa Timur.

Pergolakan makin menjadi-jadi hingga dirinya mulai enggan manggung di tempat yang menjual minuman keras.

Cerita awal mula hijrah Uki Kautsar eks Noah. (Foto: YouTube Serlok Kuliner)

"Semenjak pulang dari Jember itu kepikiran terus kan, sempat manggung tuh. Yang jadi bergejolak itu, pagi-paginya ikut kajian Ustadz, malamnya manggung, rasanya menderita," papar Uki.

"Terus besoknya lagi sama istri suka kajian, malamnya manggung. Lama-lama sudah makin enggak kuat. Saat itu sudah berhenti manggung di kafe. Enggak mau manggung di tempat yang menjual miras," beber Uki.

Baca juga: Tobat dari Riba, Ibu Ini Bikin Warung Makan Gratis: Siapa pun Boleh Makan Setiap Hari 

Mulanya bebeapa temannya menyarankan Uki untuk istirahat sementara dari band Noah. Tapi keputusan ini bukanlah hal sementara bagi Uki, dan akhirnya memutuskan hengkang.

Kesibukan Uki Kautsar eks Noah saat ini berbisnis di dunia fesyen yang menjual pakaian-pakaian anak muda Muslim. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini