Share

Cerdas! Siswa Madrasah Ini Juara Kompetisi Berkat Penemuan Aplikasi Teknik Alat Berat

Hantoro, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 614 2690395 cerdas-siswa-madrasah-ini-juara-kompetisi-berkat-penemuan-aplikasi-teknik-alat-berat-nn7SRvqN92.jpg Siswa-siswi MAN 1 Kudus juara kompetisi berkat pembuatan aplikasi teknik alat berat. (Foto: Kemenag.go.id)

SANGAT cerdas! Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus meraih Juara III Sobat Competition 2022. Tim tersebut terdiri dari Syam Aji Prasetiadi dan Faza Naqiatuz Zahro. Keduanya adalah siswa kelas XI MIPA 8.

Sobat Competition merupakan salah satu wujud implementasi penerapan 14 pilar program Sobat untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif. Kompetisi ini diadakan secara daring pada Juni–Oktober 2022.

Baca juga: Viral Qori Meninggal saat Lantunkan Ayat Suci Alquran, Netizen: Indah Sekali Cara Beliau Dipanggil Pulang oleh-Mu 

Di bawah bimbingan Nurul Khotimah, Syam Aji dan Faza menampilkan riset Teknik Alat Berat untuk Anak SMK yang berjudul Inovasi Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab (Teknik Alat Berat).

Syam Aji mengisahkan bahwa Tim MAN 1 Kudus bisa ikut kompetisi ini setelah melalui seleksi ketat. Sobat Competition 2022 diikuti 435 tim, terbagi dalam dua jenjang: universitas dan SMA/SMK.

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Jenjang universitas/politeknik diikuti 60 tim. Sementara jenjang SMA/SMK diikuti 287 inovasi umum dan 88 tim inovasi TAB (Teknik Alat Berat). Para peserta berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Tim MAN 1 Kudus mengikuti lomba pada inovasi TAB. Ajang ini terdiri dari tiga tahap, yaitu penyusunan abstrak, penyusunan makalah, dan seleksi akhir prototipe," papar Syam di Kudus, Selasa 18 Oktober 2022, dikutip dari Kemenag.go.id.

Baca juga: Cerita Ngeri Pembina Mualaf Koh Steven Antar Jemput Wanita Penghibur demi Dakwah 

Faza Naqiatuz Zahro menambahkan, aplikasi yang dibuat tidak lepas dari pengamatannya selama ini mengenai kurangnya pembelajaran berbasis Android tentang TAB (Teknik Alat Berat). Oleh karena itu, dia bersama tim menggali ide membuat aplikasi TAB sehingga dapat digunakan oleh anak-anak program studi teknik SMK/sekolah vokasi.

Ia mengatakan pembuatan aplikasi pembelajaran TAB (Teknik Alat Berat) berbasis Android membutuhkan perjuangan yang sangat kuat dan rela pulang malam. Namun, dukungan orangtua membuat tim semangat untuk menyelesaiakan proyeknya.

"Saya mulai mengenal dan menyukai dunia perkomputeran sejak usia 2 tahun. Berlandaskan dari rutinitas harian dalam belajar dan menyukai hal baru menjadi sebuah tantangan masalah untuk diselesaikan sehingga menjadi kebiasaan menumbuhkan semangat juang untuk bisa berinovasi," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab ini terdiri atas konten belajar materi, belajar tanya jawab, dan bermain game. Game-nya terdiri atas dua alur, yaitu alur game tebak kata atau gambar dan alur bermain petualangan.

Pada tebak kata, terdapat pertanyaan berupa gambar atau kalimat. Pengguna harus memilih jawaban yang benar dari pertanyaan yang dicantumkan.

"Pada pilihan adventure, user diarahkan ke layout berjalannya game petualangan. Di sana pengguna dapat bermain dengan menggerakkan tokoh pada game sesuai dengan arahnya," paparnya.

Selaku guru pembimbing, Nurul Khotimah bersyukur atas prestasi yang diraih Tim Riset MAN 1 Kudus.

"Alhamdulillah, Tim Riset MAN 1 Kudus berhasil meraih juara III. Harapannya penelitian yang telah dikembangkan ini dapat digunakan di aplikasi PlayStore dan didaftarkan hak patennya. Adanya hak paten dapat menjadi pelindung karya-karya siswa," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala MAN 1 Kudus, Taufik. Dia bersyukur dan mengapresiasi prestasi siswanya di tingkat nasional ini. Dirinya berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi, baik kancah nasional maupun internasional.

"Prestasi ini tidak lepas dari Program Riset di MAN 1 Kudus. Tim pembimbing riset yaitu Arif, Ahmed, Zida, Nurul, dan Ady mendukung penuh program yang telah dilakukan," jelasnya.

Berikut daftar pemenang Sobat Competition 2022 Kategori SMA/SMK Inovasi Teknik Alat Berat:

1. Juara I: SMKN 5 Banjarmasin (Penggunaan DC Electric Motor Pada Rotates Main Pump Simulator Mini Excavator)

2. Juara II: SMK Muhammadiyah 3 Samarinda (Realtime Monitoring Analisa Pelumas)

3. Juara III: MAN 1 Kudus (Inovasi Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab atau Teknik Alat Berat)

4. Harapan I: SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh (Simulator Handle Operator Dan Aksi Gerak Excavator)

5. Harapan II: SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Komatsu Pc200 Engine Lubrication System With Led Flow Chart)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini