Share

4 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah, Salah Satunya Tidak Tertimpa Kemiskinan

Kastolani, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 20 614 2690787 4-manfaat-membaca-surat-al-waqiah-salah-satunya-tidak-tertimpa-kemiskinan-QuLlAwUvh8.jpg Ilustrasi manfaat membaca Surat Al Waqiah. (Foto: Pexels)

MANFAAT membaca Surat Al Waqiah dapat diketahui dalam artikel kali ini. Surat Al Waqiah memiliki arti "Hari Kiamat". Kemudian berada di urutan ke-56 dalam kitab suci Alquran dan berisi 96 ayat. Lalu termasuk golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan membaca Surat Al Waqiah. Apa saja? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Bacaan Lengkap Surat Al Waqiah Ayat 1-96 Buka di Alquran Digital Okezone: Teks Arab, Latin, Artinya 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: Malam Jumat Sunnah Baca Surat Al Kahfi, Buka di Alquran Digital Okezone Lengkap Ayat 1-110 

1. Tidak akan tertimpa kemiskinan

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا"

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibnu Yahya, bahwa Syuja' pernah menceritakan hadis ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Al Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Membuat rambut Rasulullah beruban

قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عِكْرِمَة، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ شبتَ؟ قَالَ: "شيَّبتني هُودٌ، وَالْوَاقِعَةُ، وَالْمُرْسَلَاتُ، وعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ".

Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa sahabat Abu Bakar pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau kelihatan telah beruban."

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjawab, "Telah membuatku beruban Surat Hud, Surat Al Waqi'ah, Surat Al Mursalat, Surat An-Naba, dan Surat At-Takwir." Imam Turmuzi telah meriwayatkan hadis ini, dan ia mengatakan bahwa predikat hadis ini hasan garib.

Syeikh Abdullah Al Faqih menjelaskan alasan Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam mengatakan hal itu karena pada ayat-ayat ini terdapat kandungan menakut-nakuti terhadap azab akhirat dan menceritakan tentang gambaran surga. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah nomor 13140)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

3. Pengingat hari kiamat

Surat Al Waqiah mengajarkan kepada manusia akan pastinya hari kiamat. Di awal Surat Al Waqiah digambarkan dengan terjadinya hari kiamat yang tanpa seorang pun dapat menyangkalnya.

Ada tiga golongan manusia yang akan menerima balasan sesuai apa yang mereka perbuat semasa hidup di dunia.

4. Kenikmatan surga

Dalam Surat Al Waqiah digambarkan sifat-sifat surga bagi orang-orang taat kepada Tuhannya baik bagi kelompok orang-orang dulu atau As-Sabiquun maupun kelompok kedua yang taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang disebut Ashabul Yamin.

Disebutkan bahwa kelompok As-Saabiqun mereka kekal di surga dengan berbagai kenikmatan yang diperolehnya yakni dipan-dipan atau tempat tidur yang berlapiskan emas dan permata serta dilayani para bidadari yang setia tanpa tersentuh ketuaan.

Sedangkan bagi kelompok kedua atau Asyhabul Yamin, mereka dimanjakan dengan pohon bidara dan pohon pisang yang selalu tersedia serta kasur-kasur yang terbentang luas. Mereka juga disandingkan dengan pasangan hidup yang tiada taranya dibandingkan saat di dunia.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini